Sikapi Video Viral Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Sebelum Sholat Tarawih, Ini Kata Uu Ruzhanul Ulum

- 16 April 2022, 16:27 WIB
Sikapi Video Viral Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Sebelum Sholat Tarawih, Ini Kata Uu Ruzhanul Ulum
Sikapi Video Viral Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Sebelum Sholat Tarawih, Ini Kata Uu Ruzhanul Ulum /Humas Jabar/

PURWAKARTA NEWS - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menanggapi adanya video yang viral menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum dilaksanakan sholat Tarawih.

Video yang beredar manempikan jamaah masjid dipimpin oleh seorang pria menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan shalat Tarawih itu berdurasi 2 menit 7 detik.

Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kurang pas jika sebelum melaksanakan ibadah Tarawih menyanyikan lagu Indonesia Raya terlebih dahulu.

Baca Juga: Modal Kuota Saja, Main Mudah Cat Trap Game via Google Web, Coba Sekarang

Karena kata Panglima Santri Jawa Barat itu, sholat Tarawih adalah ibadah mahdhah, yakni ibadah yang secara langsung berhubungan kepada Allah SWT.

"Kami menyesalkan kejadian menyanyikan Indonesia Raya sebelum pelaksanan solat Tarawih. Kalau masalah dosa saya tidak bisa menyimpulkan berdosa atu tidaknya, tetapi takut 'Ihanah' artinya penghinaan terhadap ibadah mahdah, karena konteks dari pada solat tarawih adalah ibadah mahdhah," kata Uu Ruzhanul Ulum dalam keterangannya, Sabtu 16 April 2022.

"Berbeda dengan sebelum solat tarawih ada kultum (kuliah tujuh menit), sekalipun itu kultum tidak diwajibkan, karena itu hanya memanfaatkan berkumpulnya orang kemudian memberikan pemahaman terhadap keagamaan, tapi itu Sah," sambungnya.

Baca Juga: Modal Kuota Saja, Main Mudah Cat Trap Game via Google Web, Coba Sekarang

Uu Ruzhanul Ulum juga menegaskan, sikap sesal yang dilontarkannya tersebut bukan berarti tidak rasa hormat terhadap lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x