Wilayah Jawa Barat yang Terancam Tsunami Megathurst Tertinggi Menurut BMKG

- 22 Maret 2022, 10:58 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. /KELLEPICS/Pixabay.com

PURWAKARTA NEWS - Ada beberapa wilayah di Jawa Barat yang terancam terkena gelombang tsunami tertinggi akibat megathrust atau zona subduksi.

Badan Meteoroligi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memetakan wilayah Jawa Barat yang terancam tsunami megathrus tertinggi tersebut, ada Tasikmalaya hingga Sukabumi.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Stasiun Geofisika Bandung, Sandy Nur Eko mengatakan, jika gempa megathrust terjadi maka wilayah Tasikmalaya yang paling terancam terkena tsunami paling tinggi yakni 23 meter.

Baca Juga: Sejumlah Sekolah di Jabar Didatangi Para Jaksa, Ada Apa?

"Pantai Cipatujah, Tasikmalaya, ketinggian maksimum tsunami yang akan melanda jika terjadi gempa di zona megathrust adalah 23 meter, dengan waktu tiba sekitar 15 menit," ujar Sandi dikutip dari Antara, Senin, 21 Maret 2022.

Diprediksi BMKG, kekuatan gempa yang telah dipetakan yakni 8.7 magnitudo di zona subduksi Selatan Sunda atau selatan Jawa Barat.

Adapun pemetaan yang telah dilakukan BMKG yakni untuk lima kabupaten di pesisir selatan, mulai dari Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran.

Baca Juga: Download Minecraft Pocket Edition, Resmi dari Mojang Studio, Gratis Untuk Android

Selain Tasikmalaya, Sandy melanjutkan, wilayah Jawa Barat yang juga terancam tsunami jika gempa megathrust terjadi yakni di Kecamatan Pamengpeuk, Garut. Tsunami diprediksi setinggi 18 meter.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x