Ridwan Kamil Sebut Kualitas Air Citarum Terus Membaik dan Mendekati Mutu Air Kelas II

- 15 Maret 2022, 15:46 WIB
Ridwan Kamil Sebut Kualitas Air Citarum Terus Membaik dan Mendekati Mutu Air Kelas II
Ridwan Kamil Sebut Kualitas Air Citarum Terus Membaik dan Mendekati Mutu Air Kelas II /Tim Purwakarta News/

PURWAKARTA NEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut dalam kurun waktu 2019 hingga 2021 Satgas Citarum Harum berhasil mencapai target dari beberapa program penanganan permasalahan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Salah satu capaian terbaik yakni membuat kualitas air Sungai Citarum dalam kondisi terus membaik dan kini masuk kategori cemar ringan dengan Indeks Kualitas Air (IKA) 50,13 poin.

"Pemulihan air Sungai Citarum ini penting untuk diketahui bukan hanya karena statusnya sebagai sungai terpanjang di Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil dalam sambutan mendampingi kunjungan dua menteri ke Perum Jasa Tirta II Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa 15 Maret 2022.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Membaik, Satgas Covid-19 di Purwakarta Mulai Melandai

Baca Juga: Soal Penanganan DAS Citarum, Ridwan Kamil: Ada 5 Poin Capaian Perlu Percepatan

Ia mengatakan, sungai yang memiliki panjang 270 kilometer itu menjadi sumber kehidupan bagi 18 juta warga di 13 kabupaten/kota di Jawa Barat yang dilintasi DAS. Sungai ini juga vital bagi kemakmuran 682.227 hektare lahan di 1.454 desa.

Bahkan, pemerintah telah menetapkan ultimate goal sebagai indikator dan target keberhasilan utama dari pelaksanaan rencana aksi PPK Das Citarum. Yakni Mutu Air Kelas II, atau setara dengan nilai IKA sebesar 60 poin yang ditargetkan dapat tercapai pada akhir 2025.

Mutu air kelas II ini memungkinan air tersebut bisa digunakan untuk prasarana atau sarana rekreasi air, budidaya ikan air tawar, peternakan, mengairi pertanaman, dan atau peruntukan lain yang mempersyaratkan mutu air yang sama.

"Kondisi awal Sungai Citarum pada tahun 2018 adalah cemar berat, setara IKA 33,43 poin. Pada akhir 2021, kondisinya mengalami perbaikan kualitas mencapai 50,13 poin atau cemar ringan," kata Ridwan Kamil yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x