Dosen Perlindungan Konsumen Unpas Bandung Kritik JHT Baru Cair Usia 56 Tahun

- 1 Maret 2022, 15:09 WIB
Dosen Hukum Perlindungan Konsumen dan Kebijakam Publik Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Firman T Endipradja
Dosen Hukum Perlindungan Konsumen dan Kebijakam Publik Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Firman T Endipradja /Tim Purwakarta News/

PURWAKARTA NEWS - Dosen Hukum Perlindungan Konsumen dan Kebijakan Publik Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Firman T Endipradja mengkritik kebijakan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengenai Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan baru bisa dicairkan setelah pegawai berusia 56 tahun.

Menurutnya, kebijakan itu dinilai kurang tepat apalagi di masa pandemi Covid-19 banyak para pegawai kena pemutusan kerja sebelum usia 56 tahun.

JHT adalah salah satu tumpuan bagi mereka untuk terjun ke dunia usaha setelah tidak bekerja lagi di perusahaan.

Baca Juga: Siaran Langsung BRI Liga 1, Berikut Dua Link Live Streaming Persib Bandung vs Persija Jakarta Pukul 20.30 WIB

"Kebijakan Permenaker ini tidak sejalan dengan semangat pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi. Selain itu, peraturan ini membuat buruh harus menunggu lama jika hendak mengklaim JHT," ujar dia, Selasa 1 Maret 2022.

Padahal melalui peraturan lama (Permenaker 19/2015), JHT bisa diklaim dalam waktu satu bulan setelah pekerja mengundurkan diri dari tempatnya terakhir bekerja. "Jadi saya kira wajar jika banyak yang tidak setuju dengan adanya perubahan ini," kata Firman.

Ia menyebut, Permenaker 2/2022 merupakan aturan turunan Undang-undang Cipta Kerja yang sudah dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi MK.

Baca Juga: Biodata Robert Pattinson Pemeran Bruce Wayne di Film The Batman

Disamping itu, Permenaker 2/2022 tidak sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang memerintahkan Menaker untuk membuat aturan agar JHT buruh yang terkena PHK dapat diambil oleh buruh yang bersangkutan ke BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x