Cegah Stunting, Kabupaten Karawang Kembangkan Padi Nutri Zinc Seluas 70 Hektare

- 7 Agustus 2021, 13:52 WIB
Varietas Inpari IR Nutri Zinc
Varietas Inpari IR Nutri Zinc /Facebook/Dirjen Tanaman Pangan Kementan

PURWAKARTA NEWS - Stunting, menjadi salah satu masalah kesehatan yang sedang di sorot. Selain, menangani pandemi Covid-19, pemerintah juga fokus pada pencegahan penyakit lainnya. Salah satunya, stunting ada kekerdilan pada anak.

Sudah jadi rahasia umum, jika Kabupaten Karawang sampai saat ini menjadi lumbung padi nasional. Sekitar 97 ribu hektare sawah terhampar di wilayah yang juga terkenal dengan sebutan Kota Pangkal Perjuangan ini.

Kini, Kabupaten Karawang sudah mengarah pada pengembangan budidaya padi varietas nutri zinc. Varietas ini, dinilai mampu mencegah stunting.

Kepala Bidang Tanam dan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Edi Suryana, mengatakan, kandungan varietas padi Inpari IR Nutri Zinc disebut-sebut bermanfaat membantu ibu hamil maupun tumbuh kembang anak dalam mengatasi stunting. 

Baca Juga: Polda Metro Jaya Tetapkan Jerinx SID Sebagai Tersangka Dugaan Ancaman Kekerasan

Baca Juga: Pemotongan Bansos Rp 300 Ribu di Karawang Bikin Geger, Warga Lapor ke Kejaksaan

Baca Juga: Peringati Hari Koperasi ke-74, Dekopinda Purwakarta Gelar Bhakti Sosial Pembagian Paket Sembako

"Berangkat dari hal itu, kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Karawang mengembangkan varietas ini di lahan khusus," ujarnya.

Lahan yang akan jadi percontohan ini, luasnya mencapai 70 hektare. Dengan dikembangkannya beras nutri zinc ini, diharapkan bisa menjadi bahan pokok utama untuk konsumsi masyarakat.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini