Pemprov Jabar Siap Beri Subsidi Bagi Daerah yang Mau Menyewa Hotel untuk Penanganan Pasien Covid-19

- 24 Juni 2021, 15:55 WIB
Gubernur Ridwan Kamil saat meninjau RSUD Bayu Asih
Gubernur Ridwan Kamil saat meninjau RSUD Bayu Asih /Dok Diskominfo

PURWAKARTA NEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Kamis 24 Juni 2021, melakukan kunjungan ke sejumlah daerah. Salah satunya adalah Kabupaten Karawang dan Purwakarta.

Kunjungan tersebut, dalam rangka meninjau penguatan penanganan darurat Covid-19 di dua wilayah tersebut. Mengingat, akhir-akhir ini terjadi lonjakan kasus di dua wilayah yang bertetangga ini.  

Kang Emil, begitu sapaan akrabnya, mengatakan, pihaknya menekankan  supaya pemda menggunakan hotel sebagai tempat transisi para pasien Covid-19 yang beranjak sembuh. Tujuannya, supaya tidak terjadi penumpukan di RS rujukan.  

Baca Juga: Bahas Pinjaman dan Hibah Luar Negeri bersama Bappenas, Legislator Ini Tekankan Pentingnya Kualitas Perencanaan

Baca Juga: Muhammad Farhan: Yustisi Prokes Covid-19 di Pedesaan Harus Dimassifkan    

"Jadi, hotel ini nantinya diarahkan untuk menjadi tempat isolasi pasien Covid di rumah sakit yang telah menunjukan tanda-tanda kesembuhan," ujarnya. 

Soal biaya sewa hotel ini, lanjutnya, akan ada subsidi dari Pemprov. Kang Emil menuturkan, keterisian rumah sakit di Kabupaten Purwakarta sudah sangat darurat. Yakni, di angka 97 persen.

Menurut dia, overloadnya rumah sakit ini karena sebenarnya masih terisi penuh oleh pasien-pasien yang sebenarnya kondisinya beranjak sembuh.

 Intinya jangan kelamaan di RS. Kalau sudah menuju sembuh, bisa diarahkan ke tempat isolasi di hotel tadi. Dengan konsep ini, angka BOR di Purwakarta diharapkan bisa diturunkan ke 70 persen.  

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x