Putin Diperkirakan Hadiri Parade Militer Besar-besaran Rusia di Tengah Situasi Panas

- 9 Mei 2021, 13:56 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin.*
Presiden Rusia, Vladimir Putin.* /Twitter.com/@KremlinRussia

PURWAKARTA NEWS - Rusia memperingati 76 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua yang digelar pada Minggu 9 Mei 2021.

Peringatan tersebut akan menghadirkan penampilan patriotik dari kekuatan militer.

Presiden Vladimir Putin diperkirakan akan meninjau parade yang mentradisi tersebut yang mana pada tahun ini bertepatan dengan meningkatnya ketegangan dengan Barat.

Baca Juga: Warga Palestina di Wilayah Sheikh Jarrah Diusir Paksa, Indonesia Mengecam!

Dilansir dari Antara, parade di Lapangan Merah Moskow untuk memperingati 76 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua diperkirakan akan menampilkan lebih dari 12.000 tentara, lebih dari 190 perangkat militer, termasuk peluncur rudal balistik antarbenua, dan - jika cuaca mengizinkan - sebuah parade terbang oleh hampir 80 pesawat militer.

Putin, yang telah berkuasa sebagai presiden atau perdana menteri sejak 1999, secara tradisional menonton pertunjukan, yang akan dimulai pada 0700 GMT, dengan veteran perang Soviet dari podium peninjau.

Parade tahun ini mendahului pemilihan parlemen pada September dan terjadi pada saat hubungan Moskow dengan Barat sangat tegang atas segala hal mulai dari Ukraina hingga nasib kritikus Kremlin Alexei Navalny yang dipenjara.

Baca Juga: Salat Idulfitri di Purwakarta Dapat Digelar di Masjid dan Lapangan, Begini Ketentuannya!

Amerika Serikat dan Rusia telah mengusir diplomat satu sama lain dalam beberapa bulan terakhir dalam serangkaian tindakan pembalasan dan Moskow serta negara-negara anggota Uni Eropa telah terlibat dalam sengketa saling balas diplomatik yang serupa.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini