Tingkatkan Kendali, Presiden Kongo Tunjuk Perdana Menteri Baru  

- 16 Februari 2021, 16:13 WIB
Ilustrasi politik*
Ilustrasi politik* /Pixabay/PIRO4D/

PURWAKARTA NEWS - Presiden Kongo telah menunjuk Perdana Menteri baru, yang semakin memperkuat kontrolnya atas pemerintah yang dulu memiliki pengaruh cukup besar.

Dilansir dari laman ABCNews, Selasa 16 Februari 2021, Presiden Felix Tshisekedi menunjuk Jean-Michel Sama Lukonde Kyenge yang berusia 43 tahun untuk menjadi perdana menteri baru pada hari Senin kemarin. Lukonde pernah menjadi kepala perusahaan pertambangan Negara.

Penunjukan Perdana Menteri baru membawa sekutu ke dalam pemerintahan Tshisekedi, yang akan membantunya memasang Kabinet yang diyakini memiliki loyalitas tinggi.

Baca Juga: Menang Telak, Oposisi Sayap Kiri Kosovo Siap Rebut Kursi Perdana Menteri  

Baca Juga: Roket Hantam Pangkalan Militer AS di Irak, 1 Orang Tewas, 8 Terluka  

Pada 2015, Lukonde adalah menteri Kabinet Pemuda dan Olahraga selama sembilan bulan, dan kemudian menjadi Direktur Jenderal Gecamines, raksasa pertambangan milik negara. Dia adalah seorang insinyur dan merupakan anggota partai politik Masa Depan Kongo.

Tshisekedi memenangkan pemilu 2019 meskipun ada tuduhan penipuan skala besar oleh Kabila untuk menjaga partainya tetap berkuasa. Tshisekedi menjadi presiden, tetapi partai Kabila pada awalnya tetap memegang kendali badan legislatif. Tshisekedi membubarkan koalisi akhir tahun lalu dan telah mengumpulkan cukup dukungan untuk mengesampingkan partai Kabila.***

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x