Korea Selatan Tawarkan Uji Coba Gratis Vaksin Covid-19 untuk Hewan

- 12 Februari 2021, 01:12 WIB
Ilustrasi vaksin COVID-19.
Ilustrasi vaksin COVID-19. /ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.

PURWAKARTA NEWS - Korea Selatan telah memulai tes vaksin COVID-19 secara gratis untuk kucing dan anjing, jika pemilik hewan itu dikonfirmasi meminta untuk diuji.

Hewan pertama yang diuji pada hari Rabu kemarin adalah Cocker Spaniel, setelah seorang pasien yang melaporkan hewan peliharaan tersebut mengalami pilek dan demam.

"Sampel dikumpulkan dan dipindahkan ke Laboratorium Sanitasi Hewan Institut Kesehatan dan Lingkungan Seoul dan saat ini sedang menjalani tes," ujar pejabat pemerintah Ibu Kota Korea Selatan dalam siaran pers, seperti dikutip Purwakarta News dari ABCNews.

Baca Juga: Ikatan Alumni Kembali Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid SMK Negeri 1 Purwakarta

Seperti diketahui, resiko penularan virus dari hewan peliharaan ke manusia sangat rendah, tetapi jika dikonfirmasi dengan COVID-19, hewan tersebut harus dikarantina selama 14 hari.

Pemerintah kota Seoul menyarankan agar hewan peliharaan yang dites positif COVID-19 harus diisolasi di ruang terpisah, dan dirawat oleh anggota keluarga selain orang tua dan anak-anak.

Setiap orang juga harus mengenakan masker dan sarung tangan saat menangani kebutuhan hewan, serta harus menghindari kontak langsung seperti berpelukan dan berciuman.

Baca Juga: Bupati Purwakarta Berlakukan PPKM Mikro, Begini Zonasi dan Cara Kerjanya

"Tes untuk COVID-19 pada hewan tersedia untuk sebagian besar jenis hewan peliharaan, tetapi pengujian hanya disarankan untuk hewan dengan gejala COVID-19 dan yang telah terpapar pada manusia," pungkasnya.***

Editor: Fajar Maritim

Sumber: abcnews.go.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini