Menpan-RB Tjahjo Kumolo: ASN Milik Semua Warga Negara

- 18 November 2020, 18:29 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo /NOVA WAHYUDI/ANTARA FOTO

PURWAKARTA NEWS - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan ASN membawa identitas negara dalam kapasitas mereka, bukan membawa identitas cabang kekuasaan eksekutif.

Dengan identitasnya, Tjahjo menilai, seharusnya ASN sadar bahwa dirinya milik semua warga negara.

"ASN bukanlah Aparatur Sipil Pemerintah tapi Aparatur Sipil Negara. Filosofi inilah yang harus dipahami bersama bahwa identitas yang melekat pada ASN adalah identitas negara bukan identitas/cabang kekuasaan eksekutif," ujar Tjahjo melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu 18 November 2020 dilansir dari Antara.

Baca Juga: Menpan RB Tjahjo Kumolo Tegaskan ASN Harus Netral di Pilkada Serentak

Ia menambahkan, peran sentral pegawai ASN adalah sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

"Dalam mengemban tugas, ASN harus memastikan bahwa tujuan pembangunan di berbagai bidang dapat berjalan sesuai dengan rencana yang sudah disusun sejak awal, termasuk pembangunan di bidang politik, netralitas ASN dapat dikatakan sebagai refleksi penyelenggaraan pemilu di Indonesia yang bebas dan adil," kata Tjahjo.

Walaupun ASN bukanlah penyelenggara pemilu, menurut Tjahjo, ASN tetap harus mendukung sepenuhnya pencapaian asas pemilu yang sudah ditetapkan Undang-Undang.

Baca Juga: Tanpa Ragu Jokowi Siap Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin COVID-19

Apalagi dalam setiap pelaksanaan tahapan pemilu, ASN secara langsung atau tidak langsung ikut bertanggungjawab pada prosesnya.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah