Sebelumnya Sempat Akrab Ngevlog Bareng, Kini Presiden Jokowi Juga Kecam Presiden Prancis

- 31 Oktober 2020, 23:22 WIB
Presiden Jokowi pernah Vlog bareng Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela pertemuan G20 di Hamburg, Jerman pada 2017
Presiden Jokowi pernah Vlog bareng Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela pertemuan G20 di Hamburg, Jerman pada 2017 /Tangkapan Layar Youtube Presiden Joko Widodo

PURWAKARTA NEWS - Usai sejumlah pemimpin muslim dari berbagai negara menyampaikan kecaman terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron, kini Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi juga turut melayangkan kecaman terhadap pernyataan dari Presiden Prancis yang dinilai telah menghina umat Islam.

"Indonesia juga mengecam keras pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam, yang telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia," kata Presiden Jokowi, di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu 31 Oktober 2020 seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Khawatir Negara Lockdown, Anak Tembak Ibu Lalu Tembak Diri Sendiri

Presiden Jokowi menyampaikan hal itu seusai bertemu dengan para tokoh agama di Indonesia yang berasal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI).

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) serta Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Agama Fachrul Razi.

"Yang bisa memecah belah persatuan antarumat beragama di dunia di saat dunia memerlukan persatuan untuk menghadapi pandemi COVID-19," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menilai bahwa kebebasan berekspresi yang mencederai kehormatan, kesucian serta kesakralan nilai-nilai dan simbol agama sama sekali tidak bisa dibenarkan dan harus dihentikan.

Baca Juga: Purwakarta Diambang Ancaman Gempa yang bisa Merusak, Ada Sesar Aktif di Cirata

"Mengaitkan agama dengan tindakan terorisme sebuah kesalahan besar. Terorisme adalah terorisme. Teroris adalah teroris. Terorisme tidak ada hukum dengan agama apa pun," ujar Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA YouTube Presiden Joko Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini