Keren, Jasa Tirta II Sabet Dua Penghargaan TJSL dan CSR

- 13 Agustus 2023, 13:49 WIB
Jasa Tirta II sabet dua penghargaan.
Jasa Tirta II sabet dua penghargaan. /Ist

PURWAKARTA NEWS - Jasa Tirta II kembali meraih penghargaan meraih penghargaan TJSL & CSR Award Tahun 2023 Pilar Lingkungan kategori Platinum karena berhasil menerapkan Program Pengolahan Limbah Eceng Gondok di Waduk Jatiluhur untuk kelestarian lingkungan dan mendukung bisnis perusahaan.

Hal tersebut membuat Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Jasa Tirta II Indriani Widiastuti juga mendapatkan Special Appreciation The Most Committed BOD of BUMN on TJSL Pilar Lingkungan karena berhasil mengawal keberlangsungan Program TJSL yang berorientasi lingkungan secara berkelanjutan.

Baca Juga: Satpol PP Purwakarta Larang Wartawan Meliput Pertunjukan Air Mancur Taman Sri Baduga

Baca Juga: Cara Membersihkan Mouse dengan Benar dan Detail, Jangan Asal-Asalan!

Program pengolahan limbah eceng gondok yang bertajuk “Danau Bersih Emas Teraih” ini bermula dari permasalahan eceng gondok yang masif di Waduk Jatiluhur.

Di Waduk Jatiluhur yang luasnya 8.300 hektar ini setelah dimapping luas eceng gondoknya ada sekitar 300 hektar yang seharusnya bisa dimanfaatkan tetapi itu menjadi gulma dan kemudian mengganggu kualitas air dan mengancam produksi listrik di Jasa Tirta II.

Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Jasa Tirta II Indriani Widiastuti mengatakan Program Danau Bersih Dolar Teraih ini berbasis pemberdayaan masyarakat mengajak warga memanen eceng gondok yang ada di perairan Waduk Jatiluhur, kemudian dikumpulkan pada dumpling area dan kemudian diolah menjadi humus aktif dan enzymatic.

Program ini mengetengahkan kolaborasi dengan BUMN lain untuk menghasilkan dampak yang lebih signifikan untuk masyarakat dan lingkungan.
“Kami menggandeng Yayasan ESQ Kemanusiaan untuk menggagas program tersebut dan juga BUMN-BUMN lainnya,”ucap Indriani Widiastuti.

Dengan adanya program pengolahan eceng gondok ini, masyarakat mendapatkan keterampilan baru pengolahan eceng gondok, peluang menambah penghasilan dari produk humus aktif dan enzymatic serta meningkatkan hasil peternakan & pertanian dengan media tanam humus aktif dan nutrisi dari enzymatic.

Halaman:

Editor: Aik Hakiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x