TNI Siap Laksanakan Perintah Presiden Tangkap Semua Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata

- 26 April 2021, 22:03 WIB
Pasukan keamanan Indonesia patroli mencari kelompok pemberontak di Papua.*
Pasukan keamanan Indonesia patroli mencari kelompok pemberontak di Papua.* / Reuters/

PURWAKARTA NEWS - TNI siap membantu polisi menangkap seluruh anggota kelompok kriminal di Papua.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayor Jenderal TNI Achmad Riad menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang memerintahkan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengejar dan menangkap seluruh anggota kelompok kriminal di Papua.

"Intinya, kami (TNI) siap untuk menangkap seluruh anggota KKB. Kami menunggu keputusan politik Presiden Jokowi selanjutnya," kata dia dilansir dari Antara.

Baca Juga: Warga Purwakarta Banyak Jadi Korban Investasi Bodong EDCCash, Rugi Hampir Satu Miliar

Riad mengatakan TNI dan Kepolisian Indonesia selama ini sudah bekerja sama secara baik untuk menangkap anggota kelompok bersenjata di Papua yang sering menembak aparat negara dan warga bahkan hingga menghilangkan nyawa mereka dengan cara yang kejam.

TNI tetap menunggu keputusan politik selanjutnya dari pemerintah tentang kemungkinan operasi besar-besaran di Papua untuk menangkap seluruh anggota kelompok bersenjata.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi memerintahkan Tjahjanto dan Sigit untuk menangkap seluruh anggota kelompok bersenjata setelah serangan yang menewaskan Kepala BIN Daerah Papua, Brigadir Jenderal TNI I Gusti Putu Danny, Minggu 25 April 2021, di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Sedih Atas Tenggelamnya KRI Nanggala-402, Berduka 53 Prajurit Gugur

Ini adalah korban serangan kelompok bersenjata dengan pangkat paling tinggi yang pernah terjadi selama ini, yaitu brigadir jenderal TNI.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x