Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Vietnam di Istana Bogor, Ini yang Dibahas

- 23 April 2021, 23:07 WIB
Perdana Menteri (PM) Vietnam Phạm Minh Chính dan Presiden Joko Widodo di veranda Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat, 23 April 2021.
Perdana Menteri (PM) Vietnam Phạm Minh Chính dan Presiden Joko Widodo di veranda Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat, 23 April 2021. /Antara/Agus Suparto/

PURWAKARTA NEWS - Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Perdana Menteri (PM) Vietnam Phạm Minh Chính di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat 23 April 2021.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di dalam pertemuan bilateral tersebut, Presiden fokus dalam empat isu yakni isu kesehatan, kerja sama ekonomi, Zona Ekonomi Eksklusif serta perkembangan kondisi Myanmar saat ini.

Adapun Kunjungan PM Phạm Minh Chính ke Indonesia ini adalah yang pertama kalinya setelah dilantik pada 5 April 2021 lalu.

"Kesehatan adalah hal utama dan kapan pandemi ini akan berakhir belum diketahui, karenanya kerja sama di bidang kesehatan menjadi sangat penting," ujar Retno dilansir dari Antara.

Baca Juga: Final Piala Menpora, Persib Siap Bantai Persija di Leg ke 2

Presiden Jokowi mendorong kedua negara untuk menyerukan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara dan dalam jangka panjang menciptakan ketahanan kesehatan di Asia Tenggara.

"Kedua, Presiden menekankan pentingnya peningkatan kerja sama ekonomi. Presiden mengajak Vietnam untuk menurunkan hambatan baik di bidang dagang dan investasi," ungkap Retno.

Pembahasan ketiga adalah mengenai pentingnya percepatan perundingan perbatasan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE).

"Perundingan tersebut telah berlangsung 11 tahun dan Presiden menekankan pentingnya untuk mempercepat penyelesaian perundingan," rambah Retno.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini