KSP Moeldoko Ungkap Kunci Indonesia Jadi Negara Maju di 2045

- 7 April 2021, 14:13 WIB
KSP Moeldoko
KSP Moeldoko /Instagram @dr_moeldoko

PURWAKARTA NEWS - Indonesia bisa meraih cita-cita untuk menjadi negara maju di tahun 2045, dengan nilai Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar kelima di dunia dan pendapatan per kapita lebih dari 23.000 dolar AS.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat menjadi pembicara Pelatihan Kepemimpinan Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) secara daring dari Situation Room Gedung Bina Graha Jakarta, Rabu 7 April 2021.

Untuk mencapai target itu, Moeldoko menekankan pertumbuhan ekonomi harus konsisten.

Baca Juga: Hakim Jatuhkan Vonis Mati terhadap 4 WNA dan 9 WNI yang Terbukti Selundupkan 359 Kilogram Sabu

“Untuk mencapai target itu, diperlukan pertumbuhan ekonomi yang konsisten antara 5,7 persen sampai 6,2 persen per tahun,” ujar Moeldoko.

Dilansir dari Antara, dalam pelatihan yang mengusung tema “Potret Kepemimpinan Masa Depan Menyongsong Tahun 2045” ini, Moeldoko yang didampingi Deputi III Kantor Staf Presiden Panutan S. Sulendrakusuma dan para Tenaga Ahli Kedeputian III KSP menyebut upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk menuju 2045 harus mulai dari sekarang.

Karena jika tidak, maka target tersebut akan sulit dicapai dan Indonesia akan terjebak dalam middle income trap, menjadi negara berpendapatan menengah, tetapi tidak kunjung beranjak menjadi negara maju.

"Hal itu telah dialami oleh beberapa negara. Kita tidak ingin seperti itu. Ditargetkan pada tahun 2036 kita akan keluar dari middle income trap dengan pendapatan per kapita lebih dari 12.000 dolar AS,” ujarnya.

Baca Juga: Humas PT Indo Bharat Rayon Perkuat Silaturahmi dengan Masyarakat Sekitar

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah