Kemensos Gulirkan 3 Program Bansos, Risma: Masih Sinkronisasi Data

- 17 Maret 2021, 23:33 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan mencairkan bantuan sosial tunai atau bansos BST Rp 300 ribu per bulan pada 4 Januari 2021 ini. Berikut cara cek daftar penerima menggunakan NIK KTP.
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan mencairkan bantuan sosial tunai atau bansos BST Rp 300 ribu per bulan pada 4 Januari 2021 ini. Berikut cara cek daftar penerima menggunakan NIK KTP. /kemensos.go.id/

PURWAKARTA NEWS - Menteri Sosial Tri Rismaharini, mengungkapkan saat ini Kementerian Sosial (Kemensos) menggulirkan 3 program bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat.

Pertama Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dengan target 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), kedua, Program Keluarga Harapan (PKH) dengan 10 juta KPM, ketiga, Bantuan Subsidi Tunai (BST) dengan target 10 juta KPM.

Baca Juga: Diskominfo Purwakarta Terbaik se-Jabar soal Urusan Persandian

Namun, hingga saat ini pemerintah tengah melakukan evaluasi, perbaikan, dan sinkronisasi data terkait dengan bansos. Ini akan segera dirampungkan untuk mempercepat realisasi penyaluran bansos yang diberikan kepada masyarakat.

“Beberapa bulan kemarin, kami melakukan perbaikan dan evaluasi data dengan daerah dan kami lakukan evaluasi juga dengan bank penyalur maupun PT Pos,” ujar Risma, yang dikutip Purwakarta News dari Serkab.go.id, dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Percepatan Penyaluran Bantuan Sosial, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 17 Maret2021.

Baca Juga: Rugikan Petani, PPI Desak Pemerintah Batalkan Impor 1 Juta Ton Beras

Namun, dari data hasil evaluasi dan sinkronisasi yang didapatkan belum sesuai dengan target tersebut karena terdapat sejumlah daerah yang belum sepenuhnya memadankan data dengan data kependudukan. Untuk itu, Risma mengatakan akan mengejar dan memenuhi target kuota KPM yang sudah ditetapkan.

“Ada kurang lebih yang kita harus jemput perbaikan datanya, jadi kami menurunkan staf bekerja sama dengan daerah. Kami menurunkan staf untuk mempercepat di 514 kabupaten/kota,” katanya.

Baca Juga: Putus dari Felicia Tissue, Kaesang Pangarep Lirik Aktris Jessica Mila

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x