7 Cara Membedakan Ciri Rambut Rontok Normal dan Abnormal

- 3 September 2023, 17:13 WIB
Rambut Rontok
Rambut Rontok /Pixabay/

PURWAKARTA NEWS - Rambut rontok adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Ini adalah proses alami yang terjadi ketika rambut tua digantikan oleh rambut baru.

Baca Juga: Kamu Berusia Lebih dari 25 Tahun? Wajib Pakai Skincare Anti-Aging!

Baca Juga: Ini Jenis Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan

Namun, terkadang sulit untuk membedakan antara rambut rontok yang normal dan rambut rontok yang abnormal yang dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Artikel ini akan membantu memahami perbedaan antara keduanya.

Jumlah Rambut yang Rontok

Jumlah rambut yang rontok setiap hari bisa menjadi indikator. Rambut rontok normal biasanya sekitar 50-100 helai per hari. Jika mengalami rontok yang jauh lebih banyak dari itu, ini bisa menjadi tanda rambut rontok yang abnormal.

Pola Rambut Rontok

Pola rambut rontok juga penting. Jika kehilangan rambut secara merata di seluruh kulit kepala, ini mungkin rambut rontok normal. Namun, jika melihat pola tertentu seperti tumpukan rambut di bantal atau rambut yang menipis di area tertentu, ini bisa menjadi tanda masalah.

Usia dan Genetika

Faktor usia dan genetika berperan dalam rambut rontok. Rambut rontok normal akan meningkat seiring bertambahnya usia, terutama jika memiliki riwayat keluarga dengan masalah serupa. Namun, rambut rontok yang abnormal bisa terjadi pada usia muda dan tanpa faktor genetika yang kuat.

Halaman:

Editor: Aik Hakiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini