Jaga Kamera Tetap Stabil, Ini Panduan Memilih Tripod Terbaik

- 30 September 2023, 09:36 WIB
Keterangan Foto: Cara Setting Tripod untuk OOTD Full Badan dengan Kamera Belakang Foto: pexels.com
Keterangan Foto: Cara Setting Tripod untuk OOTD Full Badan dengan Kamera Belakang Foto: pexels.com /

PURWAKARTA NEWS - Fotografi adalah seni yang memadukan detail, komposisi, dan juga stabilitas. Salah satu alat yang sangat penting dalam fotografi adalah tripod. Tripod berfungsi untuk menjaga kamera tetap stabil, menghilangkan getaran, juga memungkinkan pengambilan gambar yang jernih dan tajam. Misalnya tripod Beike yang punya kualitas bagus. Namun, dengan berbagai pilihan tripod yang tersedia di pasaran, memilih yang terbaik untuk kebutuhan bisa menjadi hal yang menantang. Berikut panduan tentang bagaimana memilih tripod terbaik untuk fotografi dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang perlu Anda perhatikan.

1. Ketahui Tujuan Penggunaan

Langkah pertama dalam memilih tripod yang tepat adalah memahami tujuan penggunaan. Apakah Anda seorang fotografer landscape yang sering berada di luar ruangan, seorang fotografer studio yang membutuhkan stabilitas absolut, atau mungkin seorang vlogger yang memerlukan tripod yang mudah dibawa ke tempat-tempat yang berbeda? Mengetahui tujuan penggunaan akan membantu Anda menentukan jenis tripod yang sesuai.

Jika Anda seorang fotografer studio atau membutuhkan stabilitas tinggi, tripod berat dengan kaki yang kokoh dan kepala yang kuat adalah pilihan yang baik. Sebab tripod ini mampu menahan beban berat dan menghilangkan getaran. Tapi jika Anda sering berpindah tempat atau fotografi di luar ruangan, tripod ringan dan mudah dibawa adalah pilihan yang lebih baik karena biasanya terbuat dari bahan seperti karbon atau aluminium.

2. Pertimbangkan Tinggi dan Ukuran

Tinggi tripod adalah faktor penting, terutama jika Anda ingin menghindari membungkuk atau jongkok saat mengambil gambar. Pastikan untuk memeriksa tinggi maksimum dan minimum tripod. Pilih yang sesuai dengan tinggi Anda atau sesuai dengan kebutuhan. Beberapa tripod memiliki kolom tengah yang dapat dinaikkan atau diturunkan untuk meningkatkan fleksibilitas dalam penyesuaian ketinggian.Selain itu, pertimbangkan ukuran tripod saat dilipat. Anda akan membutuhkan tripod yang cukup kompak untuk dibawa bepergian, terutama jika sering berpindah tempat.

3. Bahan dan Kualitas

Bahan tripod adalah aspek penting untuk diperhatikan. Dua bahan utama yang umum digunakan adalah aluminium dan karbon. Tripod aluminium memang lebih terjangkau, tetapi biasanya lebih berat. Sementara itu, tripod karbon lebih ringan dan tahan korosi, tetapi harganya lebih tinggi. Selain bahan, perhatikan juga apakah tripod Anda terbuat dari bahan berkualitas tinggi, memiliki kunci kaki yang kuat, dan kualitas pengunci yang dapat diandalkan. Tripod yang baik akan memberikan stabilitas maksimum dan tahan lama.

4. Pertimbangkan Kepala Tripod

Kepala tripod adalah bagian yang menyangga kamera dan memungkinkan Anda mengatur sudut pengambilan gambar. Ada beberapa jenis kepala tripod yang berbeda, termasuk:

  • Ball: Ini adalah kepala yang paling serbaguna dan mudah  diatur. Anda dapat menggerakkannya dengan cepat ke berbagai arah.
  • Pan and Tilt: Jenis ini memungkinkan Anda mengatur gambar dengan sangat akurat dalam mode horizontal dan vertikal.
  • Gimbal: Ini cocok untuk fotografi dengan lensa telefoto yang berat karena memungkinkan pergerakan yang halus dalam segala arah.

Pilih kepala tripod yang sesuai dengan gaya fotografi dan pastikan kepala tersebut memiliki mekanisme pengunci yang kuat dan dapat menahan berat kamera.

5. Perhatikan Kapasitas Beban Maksimum dan Stabilitas

Setiap tripod memiliki kapasitas beban maksimum yang dapat ditahan. Pastikan untuk memeriksa berat kamera dan lensa Anda, lalu pilih tripod yang dapat menangani beban tersebut dengan aman. Lebih baik memiliki tripod dengan kapasitas beban yang lebih besar daripada yang Anda butuhkan, untuk menghindari risiko ketidakstabilan. 

Selain itu, perhatikan desain dan konstruksi kaki tripod. Tripod dengan kaki teleskopik yang dapat diperpanjang dengan kunci pengunci yang kuat adalah pilihan yang baik. Perhatikan juga ujung kaki tripod. Sebagian tripod dilengkapi dengan ujung karet yang baik untuk penggunaan dalam ruangan, sementara yang lain memiliki ujung kuku untuk penggunaan di luar ruangan di tanah yang tidak rata.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah