Penderita Darah Tinggi atau Hipertensi saat Bulan Ramadhan, Saran Ahli Gizi Batasi Makanan Ini

- 23 Maret 2022, 14:09 WIB
Ilustrasi seseorang mengukur tekanan darah, 5 tanda gula darah tinggi yang perlu diwaspadai, salah satunya sering merasa kelelahan
Ilustrasi seseorang mengukur tekanan darah, 5 tanda gula darah tinggi yang perlu diwaspadai, salah satunya sering merasa kelelahan /kalhh/pixabay

PURWAKARTA NEWS - Penderita Hipertensi atau darah tinggi diminta untuk untuk membatasai sejumlah asupan makanan, khususnya di Bulan Ramadahan.

Ahli gizi Fitri Hudayani, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengimbau penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi membatasi makanan yang mengandung natrium dan lemak tinggi.

"Untuk hipertensi kuncinya sama seperti hari biasa. Membatasi makanan yang tinggi natrium, tinggi lemak dan cukup serat," kata Fitri dilansir dari Antara, Rabu 23 Maret 2022.

Baca Juga: Penjelasan Fisura Ani dan Gejala yang Akan Dialami Penderitanya

Baca Juga: Siapa Kray TikTok? Inilah Profil Maskray yang Dikabarkan Meninggal Dunia

Baca Juga: Link Nonton Film Jakarta vs Everybody 2022, Diperankan Wulan Guritno dan Jefri Nichol di Film Gendre Drama

Fitri menjelaskan bahwa serat biasa didapat dari sayur dan buah. Sementara olahraga bisa tetap dilakukan meski dalam keadaan puasa namun intensitasnya disesuaikan.

"Olahraga rutin yang tidak memberatkan khususnya pada kondisi puasa. Hanya saja jika pada bulan puasa, makanan yang dihindari sangatlah berlimpah," tambahnya.

Lebih lanjut, Fitri menjelaskan makanan tinggi natrium yang harus dihindari antara lain seperti makanan asin, makanan yang diawetkan, makanan dengan bumbu penyedap yang banyak, serta makanan olahan.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini