Mantap, Tujuh Buah Karya dari Purwakarta Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

- 4 September 2023, 14:55 WIB
Tujuh Buah Karya dari Purwakarta ditetapkan jadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) periode 2018-2023.
Tujuh Buah Karya dari Purwakarta ditetapkan jadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) periode 2018-2023. /Istimewa.

PURWAKARTA NEWS - Sebanyak tujuh karya budaya dari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda atau WBTB.

Ketujuh karya budaya yang masuk WBTB itu diantaranya, Kesenian Domyak, Kuliner Sate Maranggi, Simping Kaum, Seni Ibing Pencak Paleredan, Kuliner Gula Cikeris, Seni Carulung dan Peuyeum Bendul.

"Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi kita semua. Karya budaya tersebut merupakan kekayaan dan identitas Kabupaten Purwakarta yang harus dijaga dan dilestarikan. Mari bersama-sama menjaga dan melestarikan warisan budaya kita," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Senin 4 September 2023.

Sementara, dalam keterangannya Kepala Bidang Kebudayaan pada Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Wawan Supriatna mengatakan, tujuh karya budaya masyarakat Kabupaten Purwakarta yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda tersebut merupakan periode 2018-2023.

Baca Juga: Dinilai Tak Beri Kontribusi ke Lingkungan, PT. Artha Mulia Beton Purwakarta Didemo Warga

Baca Juga: Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari Daftarkan 300 Warga Mekargalih Purwakarta Ikut Program BP Jamsostek

"Ada tujuh karya budaya masyarakat Kabupaten Purwakarta yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda untuk periode 2018-2023 atau selama kepemimpinan ibu Anne Ratna Mustika sebagai Bupati Purwakarta," kata Wawan.

Ia juga menjelaskan, dua dari tujuh karya budaya masyarakat Kabupaten Purwakarta yang ditetapkan sebagai WBTB Indonesia yakni Kesenian Domyak dan Makanan Khas Sate Maranggi.

Kemudian lima karya budaya masyarakat Kabupaten Purwakarta ditetapkan sebagai WBTB Provinsi Jawa Barat, yakni Simping Kaum, Seni Ibing Pencak Paleredan, Gula Cikeris, Seni Carulung dan Peuyeum Bendul. "Jadi dua ditetapkan sebagai WBTB Indonesia dan lima WBTB Jawa Barat," ujar Wawan.

Halaman:

Editor: Aik Hakiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x