Bendahara Desa Cirende Purwakarta Bawa Kabur Dana Desa Ratusan Juta, Ini kata Kepala DPMD

- 9 Juli 2022, 11:33 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo saat diwawancara wartawan Purwakartanews.com
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo saat diwawancara wartawan Purwakartanews.com /Muhammad Mustopa /

PURWAKARTA NEWS - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengingatkan seluruh pemerintahan desa untuk tetap melakukan pengawasan hingga pendampingan terhadap bendahara Desa yang bertugas mencairkan Dana Desa (DD) di Bank.

Hal ini merujuk pada kasus pemerintahan Desa Cirende, Kecamatan Campaka, Purwakarta. Uang sebanyak Rp. 270 juta dibawa kabur oknum bendahara desa tersebut, setelah sebelumnya melakukan pencairan DD di Bank BJB tanpa sepengetahuan kepala desa.

"Harusnya saat pengambilan uang di Bank itu, tetap harus ada pengawasan dan pendampingan. Jadi bendahara desa tidak diperkenankan mencairkan uang sendiri. Saat ini proses hukum terhadap oknum bendahara tersebut sedang ditangani oleh pihak Polsek Campaka. Kita lihat nanti perkembangan kasusnya seperti apa," ungkap Jaya, saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Jumat, 8 Juli 2022.

Baca Juga: Berikut Inilah Jadwal Samsat Keliling Purwakarta Hari Ini Sabtu 9 Juli 2022

Baca Juga: Berikut Ini Jadwal SIM Keliling Polres Purwakarta Hari Ini, Sabtu 9 Juli 2022

Terkait dengan kejadian ini, kata dia, pihaknya minta Kades untuk segera memberhentikan oknum bendahara tersebut dan mengangkat bendahara baru.

Jaya mengingatkan pada seluruh desa yang lain. Agar persoalan di Desa Cirende, Kecamatan Campaka ini dijadikan contoh. Sehingga desa bisa berhati-hati, pengawasan dan pendampingan harus tetap dilakukan dalam setiap pencairan DD.

“Para Kades di Purwakarta harus menjadikan pelajaran atas kasus yang telah terjadi di Desa Cirende, Kecamatan Campaka ini. Saya meminta kepada seluruh Kades di Purwakarta, dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di desa untuk meningkatkan pengawasan melekat terhadap kinerja bawahannya. Semoga ini dijadikan reverensi bersama. Bahkan setiap tahapan pengelolaan dana desa harus dilaksanakan secara transparan dan akuntabel,” Pesan Jaya.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Penyedia Hewan Qurban 'Wahana Ternak Jaya' Mulai Diserbu Pembeli

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah