UPDATE KECELAKAAN TOL CIPULARANG : Berikut Kronologi Kecelakaan Tabrakan Beruntun Tol Cipularang Purwakarta

- 27 Juni 2022, 15:41 WIB
Sejumlah kendaraan rusak parah akibat terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92 Purwakarta.
Sejumlah kendaraan rusak parah akibat terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92 Purwakarta. /Purwakarta News/Muhammad Mustopa/

PURWAKARTA NEWS - UPDATE KECELAKAAN TOL CIPULARANG : Petugas Kepolisian Polres Purwakarta mengurai kronologis insiden tabrakan beruntun yang melibatkan 17 kendaraan di ruas Tol Cipularang Km 92 pada Minggu 26 Juni 2022 malam. Diduga, Bus Antar Kota - Antar Provinsi (AKAP) menjadi awal mula terjadinya kecelakaan yang menyebabkan 23 korban luka-luka. 

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kanit Gakkum Satlantas Polres Purwakarta, Iptu Jamal Nasir mengatakan, saat kejadian arus kendaraan di lokasi padat dengan kondisi jalan menurun.

Lalu datang kendaraan jenis Bus AKAP dengan tujuan Bandung-Merak dengan membawa 27 penumpang diduga sempat hilang kendali dan oleng ke kiri sesaat sebelum kecelakaan beruntun tersebut terjadi.

Baca Juga: UPDATE KECELAKAAN TOL CIPULARANG : Jasa Raharja Purwakarta Jamin Biaya Seluruh Korban Kecelakaan Beruntun

Baca Juga: UPDATE KECELAKAN TOL CIPULARANG : Polisi Dalami Penyebab Kecelakaan Beruntun Tol Cipilarang KM 92 Purwakarta

"Dalam penyelidikan awal diketahui, berawal dari Bus AKAP yang hilang kendali dan sempat oleng ke kiri hingga menabrak pembatas jalan. Kemudian Bus tersebut oleng ke kanan dan menabrak kendaraan di depannya." ungkap Jamsir sapaan akrab Jamal Nasir, Senin, 27 Juni 2022.

Ruas tol dari arah Bandung-Jakarta sedang dipadati kendaraan lanjut dia. Sehingga, tabrakan beruntun tidak dapat dihindarkan.

"Akibatnya, 17 kendaraan berbagai jenis dan didominasi kendaraan pribadi terlibat tabrakan beruntun. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, termasuk dari penumpang Bus," kata dia.

Sementara, untuk mengungkap pasti penyebab kecelakaan tersebut, jajaran Satlantas Purwakarta terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk bekerjasama dengan tenaga ahli dari petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Purwakarta.

"Bus saat ini sedang dilakukan ram chek oleh tenaga ahli dari Dishub. Hasilnya nanti dapat diketahui, kecelakaan tersebut akibat kendala dari kendaraan atau humman error dari pengemudinya" tuturnya.

Baca Juga: 23 Korban Kecelakan Beruntun Tol Cipularang Purwakarta dalam Penanganan Medis

Baca Juga: 17 Mobil Kecelakaan Beruntun di KM 92 Tol Cipularang, Begini Keterangan Kepala PJR

Diketahui, pengemudi Bus saat ini masih menjalani perawatan dan masih syok. Sehingga, petugas pun belum dapat meminta keterangan lebih jauh prihal kesaksian pengemudi saat kejadian kecelakaan tersebut.

Oleh karena itu, jajaran Satlantas Purwakarta pun belum dapat memastikan kemungkinan adanya tersangka pada kecelakaan tersebut.

"Sopir masih syok, jadi kami beri waktu dulu untuk istirahat dan pulih. Baru nanti kita mintai keterangan. Apakah karena kendala kendaraan atau humman error, masih diselidiki. Jika sudah lengkap nanti kita gelar perkara dan jika ada unsur kelalaian pengemudi, baru dapat ditetapkan tersangka" pungkas Jamsir. ***

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x