Tingkatkan Kapasitas Pengurus Koperasi, Dekopinda Purwakarta Gelar RAT 2021

- 22 Desember 2021, 19:20 WIB
Bimtek penyusunan RAT Koperasi tahun Buku 2021 yang diselenggarakan Dekopinda Kabupaten Purwakarta. (Tim Purwakarta News)
Bimtek penyusunan RAT Koperasi tahun Buku 2021 yang diselenggarakan Dekopinda Kabupaten Purwakarta. (Tim Purwakarta News) /

PURWAKARTA NEWS - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Purwakarta, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Tahun Buku 2021, di Hotel Harper Purwakarta, pada Rabu, 22 Desember 2021.

Ketua Dekopinda Kabupaten Purwakarta, Abdul Latief mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Dekopinda Kabupaten Purwakarta dalam meningkatkan kesadaran Koperasi agar melaksanakan RAT melalui peningkatan kapasitas pengurus Koperasi.

Ia menyebut, untuk peserta pada bimtek ini adalah Koperasi di Kabupaten Purwakarta yang merupakan anggota dari Dekopinda Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: Omzet Pelaku Usaha Keramik Plered Turun hingga 50 Persen di Musim Penghujan

"Salah satu bentuk pertanggung jawaban itu adalah pelaksanaan rapat anggota tahunan (RAT) yang diselenggarakan oleh setiap koperasi sesuai amanat UU No 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian. Jadi setiap tahun pengurus koperasi harus melakukan RAT anggota, dan penyelenggaraannya harus sesuai aturan yang berlaku," ucap Abdul Latief, saat ditemui disela-sela kegiatan bimtek.

Dikatakan Abdul Latief, kegiatan ini penting, karena mendorong gerakan koperasi dalam pengelolaannya. Karena mengingat persaingan sekarang ini, makanya harus berbenah diri.

"Dalam sebuah koperasi, setiap keberhasilan maupun kekurangan, harus diberitahukan kepada semua anggotanya. Seperti halnya anggota harus aktif dalam setiap aktivitasnya, yaitu dalam memberikan suara atau pendapatnya," katanya.

Baca Juga: Export Keramik Plered Tahun 2021 Alami Peningkatan

Abdul Latief mengatakan, tujuan pelaksanaan bimtek ini adalah memberikan peserta pelatihan pemahama terkait peran dan fungsi pelaksanaan RAT serta penyusunan laporan tahunan.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x