DPMD Purwakarta Dorong Setiap Desa Bisa Mengolah Sampah Secara Mandiri

- 29 September 2021, 18:18 WIB
Kadis DPMD Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo
Kadis DPMD Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo /

PURWAKARTA NEWS - Pemkab Purwakarta, mendorong setiap desa untuk bisa mengolah sampah secara mandiri. Pasalnya, saat ini pemerintah sudah memberi sarana dan prasarana untuk pengolahan sampah tersebut. Dari 183 desa yang ada, yang sudah mandiri dalam hal pengolahan sampahnya sudah 24 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo, mengatakan, sejak 2020 kemarin, setiap desa terus didorong untuk bisa mengolah sampah secara mandiri. Pasalnya, jika tak diatasi maka sampah ini akan menjadi masalah serius.

"Kita mendorong, supaya setiap desa untuk mendiri. Termask, dalam hal pengolahan sampahnya," ujar Jaya, Rabu 29 September 2021.

Salah satunya, dengan pemberian armada pengangkut sampah. Lalu, mengedukasi pemerintahan desa melalui BumDes, untuk mengolah sampah itu menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis. Adapun, armada sampahnya ada yang berbentuk kendaraan roda empat, dan kendaraan roda tiga jenis cator.

Baca Juga: Sinopsis Film Stolen Tayang di Trans TV 29 September 2021: Nicolas Cage Merampok Demi Menebus Putrinya

Baca Juga: Sinopsis Drakor Reply 1988 Tayang di NET TV 29 September 2021

Baca Juga: Hati-hati! Peredaran Narkoba di Purwakarta Bermodus Pengiriman Lewat Jasa Ekspedisi, Menyasar hingga Pelajar

Baca Juga: Berkat Peran Masyarakat, dalam Dua Pekan Polres Purwakarta Ringkus 11 Tersangka Kasus Narkotika

Menurut Jaya, sampah di desa-desa ini tidak bisa dibuang dari rumah ke tempat pembuangan akhir. Melainkan, harus ada proses pemilahan terlebih dulu. Yakni, memisahkan sampah organik dan nonorganik.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini