Waspada! Akhir Tahun Waktunya Ular Menetas, Kenali Ciri-ciri Ular Berbisa dan Tidak Berbahaya

- 20 Desember 2020, 18:15 WIB
Bah Rizal perlihatkan ular yang ditangkap dari rumah warga.
Bah Rizal perlihatkan ular yang ditangkap dari rumah warga. /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Akhir tahun atau sekitar bulan November-Desember menjadi waktu musim telur ular menetas sesuai proses siklus biologis alaminya.

Biasanya, sebagian induk ular meninggalkan telurnya di sekitar hunian warga setelah musim kawinnya. Maka tak jarang banyak ditemukan ular berkeliaran bahkan hingga masuk ke pemukiman warga.

Tim evakuasi atau pawang ular di Dinas kebakaran dan penanggulangan bencana (Diskar- PB) Kabupaten Purwakarta, Abah Rizal (46) mengatakan jenis ular yang saat ini menetas, tidak hanya ular kategori tidak berbahaya, namun juga ular berbisa seperti king kobra.

Baca Juga: Pengukuran Tinggi Badan Siswi di Purwakarta Tahun 1980, Tebak ya SD, SMP, atau SMA?

Baca Juga: Jambret Bersenjata Tajam Terkepung Warga, Nyemplung Dalam Got

"Saat ini musim berbagai ular menetaskan telurnya, terutama jenis king kobra yang tentu sangat berbahaya bagi nyawa mangsanya termasuk mengancam keselematan warga," ucap Abah kepada Purwakarta News, Minggu, 20 Desember 2020.

Khusus ular jenis kobra atau king kobra, lanjut Abah Rizal, masuk dalam jenis ular berbisa yang mematikan dan hingga kini serum nya masih sulit ditemukan. Sehingga, jika terkena patukan ular jenis tersebut, warga diminta tetap tenang dan jangan banyak bergerak. Hal itu bertujuan untuk memperlambat aliran bisa/racun dalam darah.

"Jangan panik, karena kalau panik apalagi banyak bergerak, maka jantung semakin berdetak kencang dan mempercepat aliran bisa ular masuk melalui darah dan mengalir ke jantung. Kalau sudah sampai ke jantung, dipastikan nyawa korbannya tidak tertolong," jelasnya.

Baca Juga: Dua Pengguna Daya Ini Dapat Token Listrik Gratis dari PLN, Login di pln.co.id

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x