Ridwan Kamil Ungkap Keuntungan Investasi di Kawasan Rebana Jawa Barat

- 16 November 2020, 21:07 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan sambutan saat pembukaan West Java Investment Summit 2020 di Bandung, Jawa Barat, Senin 16 November 2020.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan sambutan saat pembukaan West Java Investment Summit 2020 di Bandung, Jawa Barat, Senin 16 November 2020. /Antara Foto/M Agung Rajasa./

PURWAKARTA NEWS - West Java Investment Summit (WJIS) menawarkan sejumlah proyek infrastruktur di Jawa Barat (Jabar) Khususnya di kawasan Rebana yang meliputi Subang, Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan dan Sumedang. Nilainya mencapai puluhan triliun rupiah.

Event WJIS tahun ini digelar ditengah pandemic sehingga dilaksanakan secara hybrid dan virtual. Sebagian peserta hadir secara terbatas di Hotel Savoy Homann Bandung dan sisanya mengikuti secara virtual. Acara berlangsung selama empat hari, 16-19 November 2020.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil hadir secara langsung di lokasi sementara Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjoyo memberikan sambutan secara virtual, dilansir dari jabarprov.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Keselamatan Rakyat Adalah Hukum Tertinggi

Ridwan Kamil dalam sambutannya menyebutkan sejumlah alasan mengapa Jabar menjadi wilayah yang sangat menarik untuk berinvestasi, terutama untuk kawasan Rebana. Antara lain bakal tersedianya infrastruktur yang mendukung kemudahan transportasi dan logistic.

“Pelabuhan Patimban di Subang segera dioperasikan. Tahun depan tol Cisumdawu juga siap digunakan. Bahkan KA Cepat Jakarta-Bandung juga terus dikebut pembangunannya,” tegas gubernur.

Hal lainnya adalah ketersediaan tenaga kerja yang terampil dan memiliki tingkat produktifitas yang lebih tinggi dibandingkan daerah lain. Kondisi ini menjadikan Jabar menjadi daerah paling kompetitif untuk berinvestasi. Hal itu terlihat dari sekitar 60 persen industry di Indonesia ada di Jabar.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Mendagri Tegur Kepala Daerah yang Tidak Tegakkan Prokes

“Memang masih ada kekurangan namun kami terus melakukan perbaikan dengan dukungan dewan, perbankan, pengusaha dan masyarakat. Kuncinya adalah saling kerjasama,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: Jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x