Puteri Komarudin Ingin Karawang Capai Pembangunan Berkelanjutan

- 6 Mei 2021, 12:39 WIB
Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Puteri Anetta Komarudin.
Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Puteri Anetta Komarudin. /Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin mendorong kolaborasi antarpemangku kepentingan untuk meningkatkan capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), di Kabupaten Karawang.

“Pertumbuhan ekonomi Karawang terkontraksi paling dalam di Jawa Barat, menjadi minus 3,59 persen, tingkat pengangguran bertambah sebesar 1,91 persen, hingga jumlah penduduk miskin juga bertambah sebesar 0,87 persen. Padahal sebelum pandemi, SDGs Center UNPAD menyebut capaian TPB Kabupaten Karawang sudah cukup baik dibandingkan daerah lain di Jawa Barat. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Karawang untuk mendorong pencapaian TPB ini kembali,” ungkap Puteri

Puteri pun menggarisbawahi pentingnya kontribusi pemerintah daerah dalam mencapai TPB karena 65 persen dari indikator TPB berada dalam lingkup kabupaten/kota.

Baca Juga: Cegah Pemudik Bandel, Gubernur Jabar: Siapkan 158 Pos dan Aparat Gabungan Bekerja 24 Jam

“Skenario pemulihan ekonomi yang didorong Pemerintah Karawang, termasuk dalam hal perumusan rencana dan kebijakan pembangunan daerah, harus dipastikan memenuhi prinsip-prinsip pengarusutamaan TPB. Terlebih, saat ini Pemerintah Karawang juga sedang menyusun RPJMD periode 2021-2026,” tutur Puteri.

Puteri juga mendorong agar Pemerintah Karawang turut memberikan dukungan dan pengawasan terhadap pelaksanaan agenda pemutakhiran data SDGs Desa yang dilakukan pemerintah desa.

“Perbaikan data SDGs Desa mendesak dilakukan. Tidak hanya sebagai basis pembangunan, tetapi juga sekaligus untuk mengukur pencapaian TPB di Karawang. Kita pun masih menemukan bahwa penyaluran bantuan sosial (bansos) dihadapkan dengan ke-tidaktersedia-annya data yang akurat. Padahal, stimulus bansos, seperti BLT Dana Desa, sangat penting untuk menjaga daya beli kelompok rentan guna mencegah peningkatan angka kemiskinan di desa,” ujar Puteri.

Baca Juga: Ruben Onsu Minta Doa Buat Kesembuhan Pelawak Sapri Pantun

Wakil Sekretaris Fraksi Partai Golkar ini juga menyoroti masih terdapatnya 24 desa di Kabupaten Karawang yang menyandang status Tertinggal berdasarkan Indeks Desa Membangun.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah