Jumlah Pengangguran Jabar Mencapai 2,7 Juta Tertinggi Ketiga di Indonesia

- 8 April 2021, 15:55 WIB
Ilustrasi pengangguran. Tingkat pengangguran di Jawa Barat tertinggi ketiga se-Indonesia sehingga membutuhkan bantuan dukungan APBN untuk mengentaskannya.
Ilustrasi pengangguran. Tingkat pengangguran di Jawa Barat tertinggi ketiga se-Indonesia sehingga membutuhkan bantuan dukungan APBN untuk mengentaskannya. /Pixabay/mohamed_hassan/

PURWAKARTA NEWS - Balai Latihan Kerja (BLK) Mandiri Jawa Barat (Jabar) membeberkan jumlah pengangguran di Jabar saat ini mencapai 2,7 juta orang, jumlah tersebut terbesar ketiga secara nasional di bawah DKI Jakarta dan Banten.

"Salah satunya yang sangat dibutuhkan adalah anggaran. Jika hanya mengandalkan anggaran daerah tentu sangat kurang, sehingga perlu dukungan anggaran dari APBN," ungkap Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Mandiri Rina Puspita Nurhayati S.AP, M.AP, dikutip dari Pikiran Rakyat, pada Kamis, 8 April 2021.

Dikatakannya, masih tingginya jumlah pengangguran, khususnya warga yang berpendidikan rendah membuat tantangan tersendiri bagi Balai Latihan Kerja Mandiri milik Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk memaksimalkan pelatihan.

Baca Juga: Resmi, Negara Ambil Pengelolaan TMII yang Dikelola Yayasan Harapan Kita

Biaya yang dibutuhkan untuk pelatihan adalah Rp6 juta per peserta pelatihan yang semuanya bersumber dari anggaran daerah (APBD).
Jika ingin melatih lebih banyak lagi maka dana APBN kiranya bisa disandingkan.

“Alhamdulillah dengan anggaran yang ada, kami telah memberikan pelatihan kerja bagi warga berpendidikan rendah agar bisa membuka usaha dan mandiri,” katanya.

Sementara untuk Jabar, pelatihan kerja sangat dibutuhkan mengingat jumlah pangangguran pendidikan SD-SMP dengan persentasi 47,48 persen atau sebanyak 1,2 juta orang.

Pelatihan kerja tersebut, kata Rina, salah satu jawaban mengatasi pengangguran di Jabar.

Baca Juga: Menyambut Ramadhan, Paguyuban Pasundan Purwakarta Gelar Acara Do'a Bersama

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x