Demi Induk Udang, Menteri Edhy Prabowo ke Amrik Buat Transfer Teknologi

- 21 November 2020, 20:01 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengunjungi Hawaii Amerika Serikat.
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengunjungi Hawaii Amerika Serikat. /[email protected]

PURWAKARTA NEWS - Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP melakukan kerja sama transfer teknologi dan transfer pengetahuan yang terkait dengan produksi induk udang unggul dengan Oceanic Institut Hawaii Pacific University, Amerika Serikat.

"Kami berharap ke depan kerja sama KKP dengan Ocean Institute dapat segera diimplementasikan untuk membantu Indonesia mencapai target peningkatan produksi udang," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu 21 November 2020 dilansir dari Antara.

Oceanic Institute of Hawaii Pacific University merupakan produsen induk udang nirlaba yang telah mengembangkan induk udang unggul baik unggul dalam pertumbuhan maupun bebas penyakit udang.

Baca Juga: Canggih, Robot Pakai Toga Gantikan Mahasiswa UNJ Wisuda

Institut yang didirikan pada 1962 merupakan lembaga riset nirlaba yang fokus bergerak di bidang akuakultur dan pengelolaan sumber daya pesisir, serta telah memiliki reputasi yang diakui dunia internasional.

Salah satu prestasinya adalah menghasilkan induk unggul vaname serta bekerjasama dengan Universitas Arizona pada1990 mengembangkan populasi awal induk unggul udang vaname yang bebas penyakit.

Menteri Edhy menjelaskan Indonesia punya potensi lahan untuk budidaya air payau atau tambak hingga mencapai 2,8 juta hektare, namun yang dimanfaatkan baru sekitar 21,64 persen atau seluas 605.000 hektare. Dari luasan tersebut, tambak yang produktif untuk budidaya udang hanya mencapai 40 persennya atau 242.000 hektare.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR Nilai Penertiban Sekelompok Pelanggar oleh TNI Bentuk Negara Hadir

Kendala yang dihadapi selama ini adalah induk udang vaname unggul yang sebagian besar masih harus impor.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini