Selamat Hari Ikan Nasional, KKP Dorong Produk Perikanan Berstandar Nasional, Agar Berkualitas

- 21 November 2020, 18:59 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo.
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. /Instagram/@edhy.prabowo./

PURWAKARTA NEWS - Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP dalam merayakan Hari Ikan Nasional 21 September 2020 mendorong harmonisasi standar nasional untuk melindungi konsumen dari produk perikanan yang tidak berkualitas.

"Harmonisasi menjadi bentuk pertahanan untuk melindungi produk dari luar yang tidak berkualitas, serta memberi jaminan perlindungan kesehatan kepada konsumen di negaranya," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Artati Widiarti, dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu 21 November 2020 dilansir dari Antara.

Ia mengingatkan bahwa negara-negara lazim menggunakan standar sebagai hambatan nontarif guna mengatur transaksi perdagangannya, sehingga produk perikanan yang masuk dan diperdagangkan di suatu negara harus memenuhi kesesuaian terhadap standar yang dipersyaratkan.

Baca Juga: FPI Tidak Diakui Negara, Tidak Boleh Ada Kegiatan!

Untuk itu, ujar dia, harmonisasi Standar Nasional Indonesia (SNI) produk perikanan dengan standar internasional Codex menjadi penting untuk memperlancar perdagangan.

Standar Codex, yang dibuat FAO dan WHO, merupakan standar internasional di bidang pangan yang di dalamnya termasuk komoditas ikan dan produk perikanan.

Seluruh negara yang menjadi anggota merancang dan menyetujui suatu standar internasional Codex. Proses ini dilakukan atas dasar kesepakatan bersama sehingga standar yang dihasilkan menjadi konsensus dunia.

Baca Juga: Calo Tanah Nggak Permisi, Ketua RT Kesal, Golok Melayang

Artati juga mengajak pemerintah daerah untuk bersinergi membina, memfasilitasi, dan memberikan berbagai kemudahan terhadap Unit Pengolahan Ikan (UPI) agar mampu berproduksi dengan baik.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah