Ketua DPD La Nyalla Apresiasi UMKM Bertahan saat pandemi COVID-19

- 25 Oktober 2020, 22:12 WIB
Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti
Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti /Dok. DPD RI/

PURWAKARTA NEWS - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mahmud Mattalitti menyatakan bahwa sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM), khususnya yang ada di Malang, Jawa Timur, mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19.

La Nyalla menyatakan bahwa kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 54 persen, sehingga dalam upaya untuk memulihkan perekonomian di tengah pandemi COIVD-19, harus mengoptimalkan peran UMKM yang ada.

"UMKM telah teruji di masa krisis, dan saya ingin melihat langsung kinerja UMKM yang ada di masa pandemi ini," kata La Nyalla, saat mengunjungi tempat produksi Kripik Singkong Lumba-Lumba di kawasan Turen, Kabupaten Malang, Minggu 25 Oktober 2020, seperti dilansir Antara.

Baca Juga: BNPB Telusuri Hutan Garut Cari Biang Kerok Banjir Bandang

Menurut La Nyalla, sektor UMKM yang mampu bertahan di masa krisis merupakan tulang punggung perekonomian untuk wilayah Jawa Timur. Bahkan, meskipun saat ini terjadi kontraksi ekonomi, sektor UMKM kebanyakan tidak melakukan pemberhentian karyawannya.

La Nyalla menambahkan pihaknya mengapresiasi salah satu industri kecil yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur, yakni produsen keripik singkong, yang hingga saat ini mampu mempertahankan seluruh karyawannya di tengah pandemi COVID-19.

"Di sini, UMKM tidak mengurangi 120 tenaga kerjanya, dan tetap menyerap singkong hasil tanam masyarakat sekitar. Sementara banyak industri skala besar mengurangi jumlah karyawan. Tapi UMKM ini tetap bertahan. Ini tentu harus diapresiasi," ujar La Nyalla.

Baca Juga: Leipzig Pimpin Klasemen Liga Jerman Ditempel Munich dan Dortmund

Namun, lanjut La Nyalla, memang tidak semua UMKM yang ada mampu bertahan dari terpaan krisis yang ditimbulkan pandemi COVID-19. Hal itu dikarenakan, tidak semua komoditas yang dihasilkan, mampu diserap oleh pasar, terutama pada saat pandemi virus Corona.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x