Baju Adat Bisa Dipakai Sekolah, Begini Aturan Baru Seragam yang Diatur oleh Kemendikbud

- 22 Oktober 2022, 09:40 WIB
Baju Adat Bisa Dipakai Sekolah, Begini Aturan Baru Seragam yang Diatur oleh Kemendikbud
Baju Adat Bisa Dipakai Sekolah, Begini Aturan Baru Seragam yang Diatur oleh Kemendikbud /Instagram Ditjen.gtk.kemdikbud

PURWAKARTA NEWS - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah mengeluarkan aturan baru soal seragam sekolah. Salah satu poin yang ada di aturan baru tersebut, pakaian adat bisa digunakan untuk sekolah.

Sebagaimana yang diketahui, selama ini seragam sekolah yang diatur oleh Kemendikbud diantaranya adalah pakaian sekolah sesuai tingkatan, yaitu merah putih untuk tingkat SD, biru putih untuk tingkat SMP, dan abu-abu putih untuk jenjang menengah atas.

Tak hanya itu, seragam sekolah yang disahkan oleh Kemendikbud melalui peraturan yang dibuatnya itu antara lain memberlakukan seragam Pramuka dan Batik.

Baca Juga: Terus Lakukan Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar, Kemendikbud Adakan Kampus Mengajar Angakatan 4

Dalam aturan baru yang baru dikeluarkan oleh Kemendikbud soal aturan seragam sekolah, Kemendikbud memperbolehkan pakaian adat digunakan sebagai seragam sekolah.

Hal itu sesuai dengan aturan baru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud dalam Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dalam aturan yang baru dikeluarkan oleh Kemendikbud itu ada keterangan bahwa siswa sekolah boleh menggunakan baju adat sebagai seragam sekolah.

Aturan seragam baru untuk siswa sekolah tersebut berlaku sejak 7 September 2022.

Mengutip dari laman resmi Kemendikbud, aturan itu dibuat agar sekolah mampu menanam dan menumbuhkan jiwa nasionalisme terhadap siswanya.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x