Mahfud MD Imbau Masyarakat Gelar Salat Idul Adha di Rumah Saja Agar Tidak Terjadi Kerumunan

- 19 Juli 2021, 14:25 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. /tangkapan layar Instagram @rockygerungfans /

PURWAKARTA NEWS - Menjelang pelaksanaan salat Idul Adha 1442 H yang akan digelar besok, Selasa, 20 Juli 2021, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat ied di rumah saja.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

"Mari kita rayakan sesuai situasi dan kondisi, yaitu situasi Covid-19, oleh sebab itu kita tidak melakukan kerumunan. Sebaiknya salat dilakukan di rumah masing-masing sebagaimana fatwa lembaga keagamaan. Penyembelihan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan agar menjaga diri kita dan orang lain," jelas Mahfud dikutip Puwakarta News dari Antara, Senin, 19 Juli 2021.

Baca Juga: Wagub Jabar: Pemprov Jabar Sangat Hati-hati Dalam Kelola Anggaran Covid-19

Baca Juga: Kode Redeem FF 19 Juli 2021 Server Indonesia Resmi Dari Garena Free Fire, Klaim Sekarang!

Selain itu, imbauan salat ied di rumah masing-masing sebagaimana diatur dalam Inpres No. 6/2020 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Penanganan COVID-19.

Sementara itu, pada Minggu, 18 Juli 2021 kemarin, Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah bertemu MUI dan sejumlah ormas Islam dan sepakat untuk mengimbau masyarakat bahwa pelaksanaan salat Idul Adha dilaksanakan di rumah, takbiran digelar secara virtual, dan penyembelihan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan.

"Ritual menyembelih kurban ada aspek spiritual dalam rangka taqorrub, mendekat kepada Allah. Karena itu kalau kondisi membatasi kita berkerumun, mari kita taqorrub, berkurban untuk mendekat kepada Allah agar diberi bimbingan, diberi kesehatan, dan dihindari dari COVID," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Baca Juga: Brimob Polda Aceh Back Up Pemusnahan Ladang Ganja di Nisam

Halaman:

Editor: Aga Gustiana

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x