Selama PPKM, PBNU Himbau Masyarakat Tidak Shalat Idul Adha dan Takbiran

- 14 Juli 2021, 12:03 WIB
Pandemi Covid-19, Ketua PBNU Ajak Warga Banyuwangi Mendekat kepada Tuhan
Pandemi Covid-19, Ketua PBNU Ajak Warga Banyuwangi Mendekat kepada Tuhan /Islamramah/

PURWAKARTA NEWS - Melalui surat edaran yang diterbitkan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan himbauan kepada masyarakat NU untuk tidak melaksanakan shalat Idul Adha selama masa PPKM Darurat.

"Di daerah-daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19 (zona hijau) oleh pemerintah setempat dan satgas Covid-19 dapat melakukan salat Idul Adha 1442 H di Masjid dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin," tulis edaran PBNU, seperti dikutip dari PMJ News, pada 14 Juli 2021.

"Untuk daerah-daerah yang ditetapkan masuk dalam PPKM Darurat, atau daerah yang dinyatakan tidak aman dari Covid-19 (zona merah, zona oranye, dan zona kuning), maka Shalat Idul Adha 1442 H tidak dilaksanakan di masjid atau lapangan," sambungnya.

PBNU juga mengimbau agar tidak mengadakan takbiran di masjid. Takbiran hanya disarankan untuk di wilayah yang dinyatakan aman dari Corona. Sementara di kawasan PPKM darurat atau zona merah tidak disarankan untuk takbiran di masjid atau musala.

"Takbiran di rumah masing-masing bersama keluarga," tulis edaran itu.

Dalam SE yang sama, PBNU juga mengimbau warga NU yang memiliki kemampuan finansial agar mendonasikan dana untuk dibelikan hewannya yang nanti digunakan untuk membantu wargakurban mendirikan Corona.

PBNU berharap pemerintah meningkatkan sosialisasi terkait Corona, terutama risiko terhadap anak-anak yang rentan. PBNU meminta pemerintah memperhatikan serius terhadap anak-anak yang terpapar Covid-19.

"Dalam situasi PPKM darurat ini pemerintah harus meningkatkan serta menambah sentra-sentra layanan vaksinasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang vaksinasi Covid-19 yang harus berhubungan dengan pihak terkait," tulis surat itu. ***

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x