Meningkat! Publik Makin Puas sama Kinerja Jokowi

- 8 Juni 2021, 22:59 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. /Instagram.com/@jokowi

PURWAKARTA NEWS - Tingkat kepuasan publik terhadap Pemerintahan Jokowi meningkat. Kepuasan Publik terhadap Pemerintahan Jokowi pada periode kedua mencapai 81,2 persen.

Hasil ini berdasarkan survey yang dilakukan Indonesia Elections and Strategic (IndEX) Research.

Dilansir dari Antara, hasil survei yang dilakukan pada tanggal 21-30 Mei 2021 meningkat dari survei sebelumnya pada bulan Maret 2021 sebesar 70,9 persen.

Baca Juga: BSSN: Serangan Siber Sepanjang Tahun 2020 di Indonesia Meningkat

Peneliti IndEX Research Hendri Kurniawan mengatakan tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi mencapai angka tertinggi dalam satu setengah tahun.

"Yakni mencapai lebih dari 80 persen," ujar Hendri, Selasa 8 Juni 2021.

Sementara itu publik yang merasa tidak puas anjlok dari 23,8 persen menjadi 16,3 persen. Publik yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab tersisa 2,6 persen.

Menurut dia, tingginya kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi mencerminkan keberhasilan pemerintah mengendalikan krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 serta upaya pemulihan ekonomi yang terus digencarkan pemerintah.

Baca Juga: China Bakal Suntik Vaksin Sinovac bagi Anak Usia Tiga Tahun ke Atas

Jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan seperti Malaysia maupun India, kurva penambahan kasus COVID-19 di Indonesia bergerak turun sejak bulan Februari 2021 dan kini bergerak stabil. Di sisi ekonomi, pertumbuhan makin mendekati zona positif, yakni mencapai -0,74 persen pada kuartal I/2021.

Pemerintah sendiri menargetkan pertumbuhan kuartal II/2021 meroket hingga 5-7 persen, dengan rata-rata tahunan diperkirakan berada pada kisaran 4-5 persen. Target pertumbuhan setinggi itu masih dibayang-bayangi ancaman pandemi yang belum selesai, kata dia.

Meskipun vaksinasi terus dilakukan, katanya, tetapi kemunculan varian baru virus yang lebih menular berpotensi membangkitkan gelombang kedua seperti terjadi di sejumlah negara.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x