Pemerintah Dorong 30 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

- 2 Juni 2021, 17:38 WIB
Produk-produk UMKM
Produk-produk UMKM /Ita Nina Winarsih/

PURWAKARTA NEWS - Pemerintah pusat, mendorong adanya penambahan pelaku UMKM yang masuk ekositem digital. Targetnya, sebanyak 30 juta UMKM masuk ekosistem digital sampai 2024 mendatang.

Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Fiki Satari, mengatakan, pemerintah terus memacu peningkatan ekonomi. Salah satunya, dengan memberikan fokus perhatian terhadap sektor UMKM.

"Saat ini, sebanyak 12,5 juta UMKM atau setara 19 persen dari total pelaku UMKM telah masuk ke dalam ekosistem digital," ujar Fiki, seperti yang dilansir Antara, Rabu 2 Juni 2021.

Baca Juga: Ridwan Kamil Gandeng Shopee Pasarkan Produk UMKM Seluruh Desa di Jabar

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka pada Juni 2021, Cek Cara Daftar dan Syaratnya

Untuk memenuhi target pada 2024 diperlukan 17,5 juta UMKM yang harus didorong untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

Tentunya, selama tiga tahun ke depan, pemerintah terus mendorong dan mendukung sektor ini.  Sebagai gambaran, pertambahan UMKM yang masuk dalam ekosistem digital, pada Januari 2020 sebanyak 8 juta atau 13 persen dari UMKM.

Kemudian, yang masuk ekosistem digital bertambah menjadi 12,5 juta pada 2021. Ada empat hal fundamental yang harus ditingkatkan oleh pelaku UMKM, supaya bisa memasukan produknya ke dalam ekosistem digital. Yaitu, literasi digital, kapasitas produksi, kualitas produk, dan akses pasar.

Baca Juga: Pelaku Usaha Dapat BLT UMKM Rp3,6 Juta, Penuhi Syarat Ini dan Cek Daftar Penerima di eform.bri.co.id

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini