Ada Kemungkinan AKB Kapal Selam Nanggala-402 Sengaja Buang Minyak

- 22 April 2021, 19:16 WIB
Misteri Tumpahan Minyak di Sekitar Lokasi Hilangnya KRI Nanggala-402, TNI AL Jelaskan Kemungkinan Ini
Misteri Tumpahan Minyak di Sekitar Lokasi Hilangnya KRI Nanggala-402, TNI AL Jelaskan Kemungkinan Ini /Instagram @infokomando/Antara Foto

PURWAKARTA NEWS - Tumpahan minyak yang ditemukan di beberapa titik di area pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402 bisa jadi berasal dari dua kemungkinan yakni pertama karena kebocoran selanjutnya karena sengaja dibuang.

Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dilansir dari Antara, Kamis 22 April 2021.

"Jadi tumpahan minyak yang ditemukan itu ada dua kemungkinan, karena sampai sekarang kapalnya belum terdeteksi sehingga kemungkinan kemungkinan tersebut adalah yang pertama kemungkinan tangkinya mengalami keretakan sehingga bocor," kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca Juga: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Pantau Langsung Pencarian Kapal Selam Nanggala-402

Ia menjelaskan untuk kemungkinan pertama yaitu karena hingga saat ini kapalnya belum terdeteksi sehingga kemungkinan tangkinya mengalami keretakan sehingga bocor karena, kondisi black out masuk ke dalam terus dengan kedalaman kurang lebih 500-700 ini bisa retak.

Selanjutnya, kemungkinan kedua, yaitu apabila masih bisa melayang di kedalaman 50-100 kemungkinan ABK nya membuang bahan cair yang ada di kapal tersebut.

"Di situ ada oli dan ada minyak, dihembuskan dibuang dalam upaya ini untuk mengapungkan. Jadi untuk meringankan berat kapal tersebut sehingga bisa kondisinya bisa melayang. Ya jadi yang tumpahan minyak tadi ada dua kemungkinan," katanya.

Baca Juga: Kapal Selam Nanggala-402 Bawa 53 Orang, Ini Daftar Namanya

Sebelumnya, Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad menjelaskan temuan-temuan terkait beredarnya pemberitaan tentang kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak. Ia menegaskan bahwa temuan ini tidak cukup data untuk mengidentifikasi kontak dari KRI Nanggala.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini