PAN Tegas Tolak Wacana Poros Partai Islam, Ingatkan Hati-hati!

- 17 April 2021, 13:39 WIB
Partai Amanat Nasional (PAN)
Partai Amanat Nasional (PAN) /Foto Antara/

PURWAKARTA NEWS - Partai Amanan Nasional (PAN) tegas menolak pembentukan koalisi poros partai Islam. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi.

Viva mengingatkan semua pihak agar berhati-hati menggunakan politik identitas berbasis agama sebagai "merk jualan" ke publik meskipun ciri atau identitas khas partai politik atau ideologi politik partai telah dijamin di Undang Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik.

"Namun kita harus hati-hati menggunakan politik identitas berbasis agama sebagai merk jualan ke publik," kata Viva Yoga dilansir dari Antara, Sabtu 17 April 2021.

Baca Juga: Ratu Elizabeth Akan Sampaikan Salam Perpisahan Terakhir dalam Upacara Pemakaman Pangeran Philip

Menurutnya, simbol-simbol agama sebaiknya jangan dimasukkan ke dalam turbulensi politik karena dapat menyebabkan keretakan kohesivitas sosial dan dapat mengganggu integrasi nasional.

Viva Yoga mencontohkan beberapa kasus di pilkada dan pilpres adalah bukti serta fakta lapangan yang seharusnya menjadi pelajaran sejarah bagi bangsa Indonesia.

"PAN tidak ingin kondisi seperti itu akan terulang lagi. Adanya gerakan untuk menghidupkan wacana Poros Islam di pemilu 2024 yang dilakukan oleh PPP dan PKS, PAN memberikan apresiasi atas sikap politik tersebut sebagai bagian dari ijtihad politik PPP dan PKS namun kami tidak akan ikut wacana Poros Islam," ujarnya.

Baca Juga: Mengatasi Nyeri saat Hamil, Begini Penjelasan Bidan Eli Kartika

Dia juga menjelaskan, wacana pembentukan poros politik berbasis agama akan melahirkan antitesa poros lain berbasis non-agama. Kondisi politik itu menurut dia tentu ahistoris dan tidak produktif bagi kemajuan bangsa.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah