Begini Pengaruh Vaksinasi COVID-19 saat Puasa Ramadhan

- 14 April 2021, 18:29 WIB
Vaksinator menunjukkan cairan vaksin COVID-19 sebelum diberikan kepada warga penerima vaksin di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Pemerintah tetap melaksanakan vaksinasi selama bulan Ramadhan dengan berpedoman fatwa MUI tentang vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa.
Vaksinator menunjukkan cairan vaksin COVID-19 sebelum diberikan kepada warga penerima vaksin di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Pemerintah tetap melaksanakan vaksinasi selama bulan Ramadhan dengan berpedoman fatwa MUI tentang vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa. /Antara Foto/M Agung Rajasa/

PURWAKARTA NEWS - Guna menekan penyebaran COVID-19, pemerintah terus melaksanakan vaksinasi COVID-19 di bulan puasa Ramadhan.

Vaksinasi Covid-19 di bulan puasa tidak akan menurunkan kesehatan seseorang.

Hingga kini belum ada penelitian terkait dampak pemberian vaksinasi di kala seseorang sedang berpuasa.

Baca Juga: Belasan Pegawai Pemkab Purwakarta Dilatih Kepramusajian Hotel Berbintang

Para ahli juga berpendapat, pemberian vaksin saat puasa tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Tubuh disinyalir menjadi lebih sehat, kesehatan pun meningkat.

Hal ini sebagaimana disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi dilansir dari PMJNews.

"Kita tahu hampir semua vaksin Covid-19 semuanya adalah vaksin baru. Banyak juga yang belum kita miliki data terkait apakah sudah ada penelitian yang mendukungnya (puasa dan vaksinasi Covid-19)," ujar Nadia.

Baca Juga: Pemerintah Kucurkan Rp400 Miliar Kembangkan Vaksin COVID-19 Dalam Negeri

"Tapi secara umum dari kajian para ahli, proses puasa sebenarnya proses detoksifikasi ya, membersihkan selama ini kotoran-kotoran ataupun zat-zat yang tidak bermanfaat di dalam tubuh kita selama satu bulan. Dari segi kesehatan, puasa adalah salah satu upaya menjaga kesehatan," sambungnya.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x