BMKG Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim Satu Pekan ke Depan

- 14 April 2021, 14:06 WIB
Ilustrasi - BMKG sebut siklon surigae terbentuk di Pasifik Barat sebelah Utara Papua.
Ilustrasi - BMKG sebut siklon surigae terbentuk di Pasifik Barat sebelah Utara Papua. /Antara/HO-BMKG/

PURWAKARTA NEWS - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan, bibit siklon tropis 94W mulai tumbuh di wilayah Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Menurut pantauan citra satelit Himawari-8, diketahui bibit siklon tropis itu mempunyai kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 30 knot (56 km/jam) dengan tekanan di pusatnya mencapai 1006 mb.

Baca Juga: Nathalie Istri Sule Ceritakan Ujian Menjelang Pernikahan, Bahkan sempat Bertengkar dan Menghilang

Kemudian, Dwikorita mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada serta berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrim (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lain-lain) di Indonesia.

Baca Juga: BI Ajak Masyarakat Gunakan Uang Peringatan Kemerdekaan Rp75 Ribu Jadi THR

“Juga dampak yang dapat ditimbulkannya. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu ke depan,” ungkap Dwikorita melalui akun media sosial resmi BMKG, pada 14 April 2021.

Baca Juga: Gagal Kawin, Ayu Ting Ting kini Dilirik Dokter Kecantikan?

“Khusus kepada pengguna transportasi laut dan nelayan perlu meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan aktivitas pelayaran karena adanya ancaman gelombang tinggi akibat siklon yang mencapai 4 - 6 meter. Kami mohon tidak menganggap sepele adanya bibit siklon ini,” pungkasnya.***

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x