Bantuan BPUM Segera Digulirkan, Simak Syarat agar Lolos BLT UMKM, Cek Penerima di eform.bri.co.id

- 24 Maret 2021, 09:22 WIB
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki. /Dok. Kemenkop UKM

PURWAKARTA NEWS - Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya pembiayaan bagi koperasi usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) tahun ini masih akan dilanjutkan oleh pemerintah.

PEN KUMKM itu yakni bantuan langsung tunai (BLT) UMKM atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dan kredit usaha rakyat (KUR).

"Insya Allah segera akan digulirkan oleh Presiden," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dilansir dari website resmi Kemenkop UKM, Rabu, 24 Maret 2021.

Baca Juga: Jadi Capres Pilihan Milenial, Ridwan Kamil Bilang Begini

Baca Juga: Perusahaan Biofarmasi AstraZeneca Membantah Vaksin Covid-19 Buatanya Mengandung Zat Babi

"Pemerintah terus mematangkan alternatif pembiayaan untuk UMKM dan Koperasi yang murah, mudah, dan cepat agar UMKM cepat naik kelas," papar Teten.

Penegasan itu karena dilihat dari data yang mengatakan jika pandemi Covid-19 masih memberikan dampak sangat besar bagi UMKM.

Menurut data, dampak pandemi terhadap UMKM yaitu Kesulitan Pemasaran 22,9 persen,Distribusi Terhambat 20,01 persen, Kesulitan Permodalan 19,39 persen, dan Bahan Baku 18,87 persen.

"Sebesar 98 persen UMKM mengalami penurunan penjualan serta 50,5 persen UMKM mengurangi karyawannya," ujar Teten mengutip data SMRC tahun 2020.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana

Sumber: Kemenkop UKM


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x