Ditemukan di 30 Negara Mutasi COVID-19 yang Lebih Smart

- 13 Maret 2021, 09:36 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /PIXABAY

PURWAKARTA NEWS - Ditemukan di 30 negara mutasi baru dari Covid-19 yang lebih smart yakni N439K. Hal ini sebagaimana diungkapkan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

"Telah terdapat varian baru lagi yang berkembang ditemukan di Inggris yakni N439K," tutur Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih di Jakarta, Jumat 12 Maret 2021 dilansir dari PMJNews.

Masih dari keterangan Daeng, kecepatan mutasi N439K juga sangat cepat. Kemudian, sifat dari virus ini juga berbeda dari varian virus sebelumnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ingatkan Kaidah Scientific Bagi Pengembangan Vaksin di Indonesia

"Varian N439K ini yang sudah lebih di 30 negara ternyata lebih smart dari varian sebelumnya (Covid-19, B117). Karena ikatan terhadap reseptor ACE2 di sel manusia lebih kuat dan tidak dikenali oleh poluclonal antibody yang terbentuk dari imunitas orang yang pernah terinfeksi," tuturnya.

Baca Juga: Panglima TNI Tinjau Vaksinasi COVID-19 Bagi Prajurit di Malang Raya

Karena itu, pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan mengetatkan protokol kesehatan (prokes). Bahkan, dirinya menyarankan agar masyarakat selalu menggunakan masker yang bisa mencegah penularan hingga 90 persen. Karena masker itu mampu mencegah penularan virus melalui udara (aerosol).***

Editor: Fajar Maritim

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah