Mungkinkah Sariawan Menular? Simak Penjelasan Pakar

- 19 Oktober 2020, 11:01 WIB
Ilustrasi Mulut
Ilustrasi Mulut /AlbanyColley/PIXABAY

PURWAKARTA NEWS - Mengalami sariawan terasa cukup mengganggu terlebih di saat sedang makan. Benarkah penyakit sariawan menular jika seseorang menggunakan alat makan yang sama dengan penderita.

Dilansir Antara, Pakar dari rumah sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta, dr Herwanto mengatakan bahwa sariawan bukanlah penyakit yang menular.

Baca Juga: Peneliti Kanada Beberkan Tipe Manusia Ini Lebih Tahan Covid, Cek Barangkali Kamu Termasuk

Meski demikian, berbagi alat makan dengan orang lain dapat menimpulkan masalah kesehatan yang lain.

"Stomatitis Aftosa (sariawan) itu tidak akan menular, tapi di dalam rongga mulut kita tidak terbatas hanya masalah sariawan saja," ujar dr Herwanto dalam "Kenali Sariawan pada Bayi dan Anak", Kamis.

Herwanto mengatakan bahwa mulut adalah tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain akan membuat kuman berpindah dari ke mulut ke mulut.

Baca Juga: Cara Jitu Cegah dan Kendalikan Darah Tinggi, 100 persen Ampuh

"Makan dengan alat makan yang sama dengan orang lain tidak akan menghadirkan sariawan tapi justru kuman dan penyakit lain yang tidak kelihatan gejalanya," ujar dr Herwanto.

"Banyak penyakit yang bisa ditularkan lewat mulut, karena mulut banyak sekali kumannya. Menggunakan alat makan sendiri jauh lebih higienis, sariawannya tidak menular tapi bisa diare misalnya," kata dr Herwanto melanjutkan.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x