IDI Minta Pemerintah Segera Gulirkan Kebijakan Vaksinasi untuk Anak-anak

- 22 Juni 2021, 20:30 WIB
Ilustrasi melawan Covid-19
Ilustrasi melawan Covid-19 /Instagtam Kemenkes

PURWAKARTA NEWS - Ikatan Dokter Indonesia (IDI), meminta pemerintah menyiapkan langkah untuk melindungi anak-anak dari wabah Covid-19. Pasalnya, sampai saat ini banyak anak-anak yang terpapar virus tersebut.

Dilansir dari Antara, Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Adib Khumaidi, mengatakan, pemerintah harus mengupayakan pemberian vaksinasi terhadap anak-anak. Mengingat, kasus penyebaran virus itu juga sudah mulai meningkat ke kategori anak-anak per Juni 2021 ini.

"Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mendukung pemberian vaksin Covid-19 pada anak-anak ialah dengan melakukan uji klinis," ujarnya, Selasa 22 Juni 2021.

Baca Juga: Tujuh Loket Layanan di Mal Pelayanan Publik Bale Madukara Purwakarta yang Nihil Kunjungan

Baca Juga: Rizky Billar dan Lesti Kejora akan Beri Kejutan untuk Para Fansnya di Hari Pernikahan  

Jadi, lanjut Adib, memang sampai saat ini belum ada proses uji klinis (vaksin Covid-19) untuk anak- anak. Untuk memberikan vaksin itu diperlukan proses uji klinis.

Ketika uji klinis sudah dinyatakan aman, maka barulah vaksin bisa diberikan kepada anak-anak. Dari data yang terhimpun oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), peningkatan kasus Covid-19 pada anak- anak meningkat seiring masuknya varian delta di Indonesia.

IDAI mengungkapkan setidaknya 1 dari 8 kasus Covid-19 merupakan kasus anak-anak. Perbandingan itu menunjukan anak-anak menjadi kategori yang juga berisiko tertular Covid-19 bersamaan dengan orang dengan komorbid dan lansia.

Baca Juga: Istri Arya Saloka Selalu Bangga Menunjukkan Rutinitasnya Sebagai Ibu Rumah Tangga

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini