Dinas Peternakan Sidak Tempat Dagang Hewan di Purwakarta, Antisipasi Penyebaran PMK

- 16 Mei 2022, 12:45 WIB
Dinas Peternakan Sidak Tempat Dagang Hewan di Purwakarta, Antisipasi Penyebaran PMK
Dinas Peternakan Sidak Tempat Dagang Hewan di Purwakarta, Antisipasi Penyebaran PMK /Tim Purwakarta News/

PURWAKARTA NEWS - Dinas Peternakan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat melakukan sidak untuk antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) disejumlah pasar hewan di Purwakarta.

Sidak ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pedagang hewan agar mewaspadai penyebaran PMK ditempat perdagangan hewan.

Dokter Hewan, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta, Wini Karmila menerangkan, pihaknya sudah melakukan monitoring dan pengawasan di sejumlah tempat dagang hewan.

Baca Juga: Ini Identitas Lengkap 7 Korban Tewas Kecelakaan Maut Purwasari Karawang

Wini juga menerangkan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kepada hewan yang diperjual belikan di pasar hewan Purwakarta.

"Kami dari hari Senin kemarin sudah melakukan monitoring dan pengawasan ternak. Namun hasilnya sampai saat ini belum ada, karena begitu banyak sampel yang diperiksa," kata Wini Karmila, Senin 16 Mei 2022.

"Terkait sosialisasi kepada pedagang dan peternak, kami sudah lakukan. Penyakit PMK ini adalah penyekit yang menular ke peterak yang lain, tetapi tidak menular kepada manusia," tambah Wini.

Terkait gejala PMK yang dialami hewan, kata Wini, pihaknya mengimbau kepada setiap pedagang dan peternak agar segera melapor ke Dinas Peternakan.

Wini juga menerangkan, gejala yang dialami hewan jika terindikaksi mengidap PMK salahsatunya suhu mencapai 40 derajat celcius.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x