Kembangkan Potensi Masyarakat, Patriot Desa Purwakarta Dorong Taman Baca hingga ke Pedesaan

- 17 Februari 2022, 13:14 WIB
Patriot Desa Kab Purwakarta sambangi Perpustakaan Daerah setempat.
Patriot Desa Kab Purwakarta sambangi Perpustakaan Daerah setempat. /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Guna mendorong indeks membangun desa serta pengembangan potensi masyarakat, Patriot Desa Kabupaten Purwakarta terus upayakan pengadaan sarana-prasarana dan aktivitas Perpustakaan Desa/Taman Baca Masyarakat hingga ke wilayah pedesaan.

Literasi atau minat membaca di masyarakat,selain sebagai sumber edukasi juga diharapkan menjadi sarana pengembangan pengetahuan masyarakat hingga pengembangan potensi di wilayah pedesaan.

Salah satu Patriot Desa Kabupaten Purwakarta, Nendi Apriki mengatakan, untuk mewujudkan adanya taman baca di masyarakat, saat ini pihaknya masih terkendala dengan belum adanya ketersediaan sarana dan prasarana penunjang. Sehingga dalam pelaksanaannya membutuhkan dukungan khususnya dari Bidang Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: Ada Pegawai Yang Positif, Bupati Purwakarta dan Sekda Diswab

"Sebelumnya, saya bersama rekan Patriot Desa lainnya sudah berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta untuk menyampaikan tujuan pengembangan taman baca di masyarakat tersebut, dan alhamdulilah respon dari pihak terkait sangat baik" Ujarnya, Kamis 17 Februari 2022.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya akan akan terus mendorong peningkatan literasi masyarakat dengan membentuk penggerak lokal di bidang literasi dan merintis fasilitas sarana prasarana di masing- masing desa.

Baca Juga: Operasi Pekat, Aparat kembali Temukan Penjual Tuak dan Miras di Purwakarta

"Perintisan perpustakaan atau taman bacaan masyarakat ini merupakan langkah konkret bagi masyarakat sebagai fasilitas aktualisasi pengembangan diri. Setelah membaca buku masyarakat bisa membaca potensi, baik yang ada pada dirinya juga desanya, sehingga bisa lebih di kembangkan " jelasnya.

Sementara,ditambahkan Pustakawan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta Ema Hermawati, pihaknya menyambut baik maksud kedatangan Patriot Desa tersebut dan siap untuk mendukung langkah inisiatif terkait dengan pengembangan Perpusdes/TBM di 11 Desa tempatan Patriot Desa di Kabupaten Purwakarta.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini