Begini Cara Ambu Anne Ratna Mustika Tingkatkan Ekspor Manggis di Purwakarta

- 7 Februari 2022, 16:57 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Prihasto Setyanto dalam agenda Pelepasan Ekspor Manggis ke Shanghai, China di Desa Situ, Kecamatan Pondoksalam, Purwakarta Senin 7 Februari 2022.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Prihasto Setyanto dalam agenda Pelepasan Ekspor Manggis ke Shanghai, China di Desa Situ, Kecamatan Pondoksalam, Purwakarta Senin 7 Februari 2022. /Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta berkomitmen meningkatkan ekspor manggis sebagai varietas unggulan di wilayah ini.

Peningkatan itu akan didorong melalui dinas terkait sehingga produktivitas perkebunan manggis ini terus meningkat, baik dari sisi kualitas melalui bimbingan mengenai Good Agricultural Practice (GAP) dan Standard Operational Procedure (SOP) kepada para petani maupun kuantitasnya dalam berbagai hal.

"Saat ini, buah manggis menjadi produk perkebunan khas Kabupaten Purwakarta yang sangat menjanjikan dari sisi ekonomi. Bahkan memiliki daya saing secara global. Jadi harus kita pertahankan juga tingkatkan," ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam agenda Pelepasan Ekspor Manggis ke Guangzhou, Shanghai, China di Dese Situ, Kecamatan Pondoksalam, Senin 7 Februari 2022.

 Baca Juga: Pertama Kalinya, Persib Bandung Turunkan Mario Jardel dan Muhamad Syafril Sebagai Starter

Ia mengatakan, ada 158 ribu pohon dan sudah teregistrasi 96 persen. Artinya, itu memenuhi kebutuhan ekspor meski sosialisasi pembinaan kepada para petani tetap harus dilakukan mengingat adanya perubahan iklim yang harus beradaptasi. "Itu cara kami dalam meningkatkan ekspor buah manggis," kata Anne.

 Baca Juga: Purwakarta Ekspor Manggis ke China, Dirjen Hortikultura: Buah-buahan Lain Juga Akan Kita Dorong

Ia menyebut, manggis asal Purwakarta sudah terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai varietas unggulan menjadi nilai lebih jika buah ini sudah tidak diragukan lagi.

 Baca Juga: KUMPULAN Kode Redeem FF Terbaru Hari Ini, 7 Februari 2022: Bisa Dapat Skin FF Gratis

Hal itu, juga akan disosialisasikan kepada masyarakat sehingga nanti permintaan akan semakin tinggi dan manggis Purwakarta varietas Wanayasa menjadi manggis yang digemari untuk dikonsumsi.***

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini