Purwakarta Punya Kampung Bawang Merah di Kaki Gunung Burangrang, Kedepan akan Jadi Cindramata Wisatawan

- 14 November 2021, 13:02 WIB
Bupati Purwakarta dan jajaran pejabat Dinas Pangan Pertanian memanen perdana bawang merah di dataran tinggi
Bupati Purwakarta dan jajaran pejabat Dinas Pangan Pertanian memanen perdana bawang merah di dataran tinggi /Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Purwakarta

PURWAKARTA NEWS - Pemkab Purwakarta, melalui Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, mengembangkan budidaya bawang merah di wilayah dataran tinggi. Yaitu, di kaki Gunung Burangrang, tepatnya di Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong. Saat ini, wilayah itu menjadi kampung bawang.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengatakan, panen bawang merah di Desa Bojong Timur ini, merupakan kali pertama dari hasil pengembangan produksi pertanian holtikultura oleh instansi terkait. Adapun, luasannya mencapai 30 hektare. 

"Alhamdulillah, dengan panen perdana ini, mengindikasikan jika tanah di Purwakarta cukup subur. Termasuk, cocok untuk budidaya bawang merah. Bahkan, hasil panen bawangnya cukup bagus," ujarnya.

Baca Juga: Usai Kasus Aktor K Dibeberkan Dispatch, Situs Belanja Online Kantongi Rp2,4 Triliun Berkat Kim Seon Ho

Baca Juga: Bukan Hanya Happiness, TVN Rilis Drakor Baru Secret Royal Inspector dan Joy di Bulan November

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Minggu, 14 November 2021: Hubungan Catherine dan Rendy Merenggang, Nino Siap Rebut?

Kedepannya, akan terus dikembangkan komoditas bawang merah ini, tidak hanya di Kecamatan Bojong. Tetapi di kecamatan lain yang memiliki suhu udara yang sama, kemiripan kontur tanah, dan kesuburan tanah yang sama. Seperti di Kecamatan Darangdan, Kecamatan Kiarapedes, dan Kecamatan Wanayasa. 

Secara terpisah, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Sri Jaya Midan, mengatakan, sejak dua tahun yang lalu, Kabupaten Purwakarta mengujicobakan budidaya bawang merah. Jika di daerah sentra bawang merah yang lain, tanaman jenis umbi-umbian ini ditanam di dataran rendah. Namun, di Purwakarta ditanamnya di dataran tinggi.

"Kami, sudah ujicoba tanam bawang merah dari biji. Hasilnya cukup bagus. Untuk tahun ini, kami ujicoba tanam dari umbi, yang bibitnya merupakan bantuan dari pusat," ujarnya.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x