Dispangtan Purwakarta Dorong Petani Olah Buah Manggis Bernilai Ekonomis

- 28 Agustus 2021, 10:15 WIB
Buah Manggis
Buah Manggis /

PURWAKARTA NEWS - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, mendorong petani manggis untuk bisa berinovasi. Salah satunya, dengan menciptakan produk baru berbahan dasar buah dengan julukan ratu buah tersebut.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Sri Jaya Midan, mengatakan, saat ini para petani manggis sudah diedukasi untuk menciptakan produk olahan. Pasalnya, buah ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

"Selama ini, manggis dijual petani yang berbentuk buah saja. Andalan utamanya memang untuk ekspor. Namun, tahun ini ada kendala di ekspor. Sehingga, ekspor manggis belum maksimal," ujar Midan, Sabtu 28 Agustus 2021.

Tahun ini, manggis asal Purwakarta masih kalah bersaing di pasar ekspor. Selain itu, hasil panen buah manggis lokal juga menurun akibat cuaca buruk yang terjadi belakangan ini.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Wajah Mana yang Pertama Dilihat Tunjukan Karakter Anda yang Sesungguhnya

Baca Juga: Kode Redeem FF 28 Agustus 2021 Server Indonesia: Klaim dan Dapatkan Hadiah Hip Hop Bundle

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 28 Agustus 2021: Bongkar Identitas Reyna kepada Mama Karina, Andin Kalah dari Nino?

Dengan demikian, perlu ada inovasi baru, supaya petani lokal mendapat tambahan penghasilan. Salah satunya, manggis diolah menjadi berbagai produk makanan dan obat herbal.

Olahan manggis yang sudah jalan, yaitu sirup. Ada sejumlah perajin yang mengolah manggis menjadi sirup. Selain itu, ada juga petani lokal yang mengolah manggis menjadi obat herbal.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah