Bupati Anne Resmikan Labkesda untuk Percepat Hasil Tes PCR Warga

- 19 Agustus 2021, 13:06 WIB
Bupati Anne Ratna Mustika saat meresmikan Labkesds Dinas Kesehatan Purwakarta
Bupati Anne Ratna Mustika saat meresmikan Labkesds Dinas Kesehatan Purwakarta /Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Purwakarta

PURWAKARTA NEWS - Pemkab Purwakarta, secara resmi telah memiliki laboratorium kesehatan daerah (Labkesda). Laboratorium ini, berada di bawah naungan Dinas Kesehatan setempat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengatakan, hari ini pihaknya telah meresmikan Labkesda tersebut. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan bisa memermudah layanan kepada masyarakat.

"Laboratorium ini, bisa melayani sejumlah tes. Termasuk, tes PCR bagi warga," ujar Anne, melalui rilis yang diterima, Kamis 19 Agustus 2021.

Anne menyebutkan, sampai dengan tanggal 18 Agustus 2021 kemarin, tercatat 15.530 specimen antigen. Adapun hasilnya, mencapai 16,9 persen positif.  Sedangkan warga yang tes PCR, sebanyak 34.523 specimen. Dengan hasil 34,85 persen positif.

Baca Juga: PT Toyota Motor Buka Program Magang Kerja Agustus 2021 untuk Warga Purwakarta Lulusan SMK

Baca Juga: Biaya Tes PCR di RSUD Bayu Asih Purwakarta Turun Jadi Rp 490 Ribu

Baca Juga: Hati-hati, Virus Covid-19 Varian Delta Sudah Masuk ke 10 Provinsi di Indonesia, Salah Satunya Jawa Barat

Sebelumnya, lanjut Anne, dalam pelaksanaan testing, terutama tes PCR, sebagian besar tes dilaksanakan di Labkesda milik Pemprov Jabar. Serta, di bantu oleh laboratorium milik swasta maupun di RSUD Bayu Asih.

Namun, pemeriksaan tes PCR di Labkesda provinsi memiliki kendala. Yaitu, hasil tesnya lambat. Karena, baru bisa diketahui setelah 7 sampai 14 hari.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini